Sukses

Studi: Wiraswasta, Pekerja Paling Bahagia Sedunia

Beberapa penelitian menyebutkan, berwiraswasta itu lebih membuat bahagia dibanding bekerja pada suatu instansi atau bekerja untuk orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat kita pada umumnya menganggap wiraswata sebagai profesi yang kurang menjanjikan. Tak jarang pekerjaan ini dipandang sebelah mata.

Coba kita perhatikan, banyak orang tua merasa bangga jika anaknya bekerja di salah satu instansi, daripada berwiraswasta. Namun anggapan tersebut sudah tidak relevan lagi di zaman now.

Beberapa penelitian menyebutkan, berwiraswasta itu lebih membuat bahagia dibanding bekerja pada suatu instansi atau bekerja untuk orang lain.

Wiraswasta Bisa Mengekspresikan Diri

Studi terbaru sekelompok peneliti dari Inggris yang dipublikasikan melalui jurnal “Work Employment and Society” mengungkapkan, orang yang bekerja sendiri atau wiraswasta lebih bahagia dan mencintai pekerjaan mereka dibandikan profesi lain. Mereka menyimpulkan bahwa para wiraswasta di berbagai sektor lebih sukses dalam karier mereka. Wiraswasta juga merasa lebih puas dengan kontribusi mereka dalam bidang profesional.

Salah satu peneliti dari University of Sheffield, Profesor Peter Warr, mengungkapkan, “Pekerja profesional yang berwiraswasta benar-benar menghargai nilai yang mereka anut.”

Orang-orang yang berwiraswasta memiliki kebebasan untuk berinovasi dan mengekspresikan pandangan mereka sendiri. Warr juga menilai para wiraswasta dapat menikmati waktu mereka berjam-jam untuk bekerja. Pekerjaan justru memuaskan dan membuat mereka bahagia.

Selain itu, peneliti lain dari University of Exeter professor Ilke Inceoglu menyebutkan, para wiraswasta lebih bahagia karena merasa setiap hasil yang didapatkan merupakan jerih payah sendiri. “Terlibat penuh dalam pekerjaan membuat orang bersemangat dan menghargai kontribusinya,” ujar Inceoglu.

Hasil riset tersebut didapat setelah para peneliti mempelajari data dari 5.000 pekerja di Inggris, Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia. Mereka mengukur kepuasan karier para pekerja di bidang konsultasi manajemen, ritel, pendidikan, layanan keuangan, asuransi, dan real estate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidang Pekerjaan Terbaik

US News baru saja merilis peringkat tahunan pekerjaan. Peringkat berdasarkan aspek yang paling penting dari suatu pekerjaan, termasuk potensi pertumbuhan, keseimbangan kehidupan kerja dan gaji. Tahun ini, yaitu pengembang perangkat lunak menempati posisi pertama sebagai pekerjaan terbaik secara keseluruhan.

Dokter gigi menempati urutan kedua, diikuti asisten dokter pada peringkat ketiga dan perawat praktisi di urutan keempat. Pertama kalinya sejak 2015, pekerjaan perawatan kesehatan belum menduduki daftar teratas, meskipun posisi perawatan kesehatan terus mendominasi 2018. Selain mengambil 47 dari 100 pekerjaan terbaik, sebagian besar pekerjaan dengan bayaran terbaik juga dalam perawatan kesehatan. Dengan gaji rata-rata USD 269.600, ahli anestesi menduduki peringkat teratas, diikuti oleh ahli bedah di nomor 2 dan dokter kandungan dan ginekolog di nomor 3.

Pekerjaan bidang perawatan kesehatan lebih menonjol dari tahun ke tahun, dan diprediksi akan terus berkembang pesat di pasar kerja pada 2026. Profesi perawatan kesehatan melampaui dokter--ada permintaan yang tinggi pada bidang keperawatan, untuk mengisi posisi yang tersedia dalam teknologi perawatan kesehatan, di rumah sakit dan di tempat lain dalam berbagai kategori industri.

Dari hasil riset di atas, apakah Anda saat ini berada pada bidang pekerjaan tersebut? Dan apa sudah siap untuk berwiraswasta?

Menggeluti bidang terbaik dan dapat menjadi pekerja terbahagia sedunia adalah impian banyak orang, misalnya saat ini Anda berkerja di bidang pengembang perangkat lunak, akan lebih sempurna apabila berwiraswasta dalam bidang tersebut.

Namun, jika Anda masih terkendala dengan modal yang belum mencukupi, Anda bisa trading dulu binary option di forum wormtraders.com. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli trading Wahyu U.K. Notodiputro, juga para trader lainnya.

Sumber : www.wormtraders.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.