Sukses

Dari Monas, Kemenhub Antarkan 5.985 Peserta Mudik Gratis Pulang Kampung

Jumlah peserta mudik gratis yang berangkat pada tahap pertama mencapai 5.985 penumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar mudik gratis pada Lebaran 2018 dengan 32 kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera yang dilakukan secara bertahap. Mudik gratis Kemenhub ini menggunakan moda darat meliputi angkutan bus dan truk serta angkutan kapal penyeberangan.

Pada tahap pertama yaitu Sabtu (9/6/2018) ini, kemenhub memberangkatkan 113 bus dengan total 5.985 penumpang dengan lokasi pemberangkatan di Monas, Jakarta Pusat. Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono melepas peserta mudik gratis tahap pertama ini.

Menurut Djoko saat ini masyarakat sudah bijak dengan memanfaatkan program pemerintah untuk mengurangi kemacetan pada arus mudik lebaran 2018.

"Hari ini secara total disampaikan ada peningkatan jumlah peserta mudik hampir 50 persen dari 2017. Suatu angka yang luar biasa dan menurut saya para pemudik ini sudah bijak, tidak hanya memikirkan keselamatan dan keamanan tetapi juga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dari penggunaan kendaraan pribadi," terang Djoko seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Djoko menambahkan program mudik gratis Kemenhub merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat pulang ke kampung halaman dengan selamat, aman dan nyaman.

"Melalui program ini diharapkan masyarakat tidak menggunakan sepeda motor lagi pada saat mudik karena motor sangat rentan terhadap aspek keselamatan terutama untuk perjalanan jauh," jelas Djoko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diberangkatkan dari Beberapa Titik

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi melaporkan jumlah peserta mudik yang berangkat pada tahap pertama sebanyak 5.985 penumpang.

"Pada hari ini peserta mudik gratis Kemenhub yang diberangkatkan dari Monas sebanyak 113 bus dengan total 5.985 penumpang. Ada 5 tahap pemberangkatan dari Monas mulai tanggal 9 sampai 13 Juni," ujar Budi.

Selain itu terdapat juga titik lain keberangkatan peserta mudik gratis Kemenhub diantaranya, Kantor Pemkab Tangerang pada 10 Juni, Terminal Jatijajar Depok pada 11 Juni dan Kantor Pemkab Bekasi pada 12 Juni.

Untuk diketahui mudik gratis Kemenhub dengan moda darat meliputi angkutan bus dan truk serta angkutan kapal penyeberangan.

Pada moda bus total 1.130 unit dengan jumlah penumpang sebanyak 48.905 orang dan 70 truk dengan jumlah sepeda motor yang diangkut sebanyak 2.837 motor. Jumlah kota tujuan yang dilayani yaitu 32 kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sedangkan untuk moda penyeberangan meliputi 3 kapal penyeberangan dengan kapasitas angkut masing-masing sebanyak 1.000 orang dan 500 sepeda motor. Adapaun rute pelayanan yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Lampung dan Jakarta-Surabaya.

Turut hadir dalam acara diantaranya Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Sesditjen Perhubungan Darat Hindro Surahmat, Kasat Lantas Polres Jakarta Pusat AKBP. Juang Andi Priyanto dan beserta jajaran dari Kemenhub.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Puncak Arus Mudik Terjadi Malam Ini

Djoko memprediksi puncak arus mudik tahun 2018 terjadi pada malam ini. "Tahun ini diprediksi akan ada beberapa puncak-puncak arus mudik. Hasil survey, hari ini salah satu puncak arus mudik dan juga nanti sekitar 2-3 hari sebelum hari raya juga akan terjadi lonjakan," ujar Djoko.

"Dengan adanya waktu libur yang cukup panjang, saya harap masyarakat dapat memilih waktu untuk mudik agar perjalanan nyaman," tambah Djoko.

Kemenhub telah melakukan antisipasi dengan melakukan berbagai peningkatan dan penambahan baik sarana maupun prasarana untuk menciptakan mudik yang selamat, aman dan nyaman.

"Insya Allah mudik tahun ini lebih baik dari tahun 2017," tutup dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.