Sukses

Ada 3 Jalur Mudik di Jawa, Mana yang Paling Lancar?

Khusus untuk Pansela, Menteri PUPR Basuki mempromosikan pemudik untuk melewati jalur yang dipenuhi objek wisata tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, secara umum kesiapan jalur mudik 2018 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu turut didorong oleh kondisi secara umum jalan nasional pada tahun ini yang 90 persen berada dalam kondisi mantap.

"Untuk di Pulau Jawa kita punya tiga rute jalur mudik jalan nasional yang bisa menjadi pilihan pemudik selain jalan tol. Pertama adalah Pantura sepanjang 1.341 km, Lintas Tengah 1.197 km, dan Lintas Selatan 1.405 km," kata dia seperti dalam sebuah keterangan tertulis, Selasa (5/6/2018).

Khusus untuk Pansela, Menteri Basuki kembali mempromosikan pemudik untuk melewati jalur yang dipenuhi objek wisata tersebut.

"Jalur Pansela untuk mudik Lebaran 2018 sudah tersambung dari Banten sampai Pacitan. Adapun dari Pacitan ke Banyuwangi baru akan kita kerjakan tahun ini dengan memperlebar jalan," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jembatan Cincin

Sementara itu, dia juga mengatakan bahwa perbaikan Jembatan Cincin Lama atau dikenal sebagai Jembatan Widang saat ini sudah selesai dan sudah bisa dilintasi kendaraan. Jembatan yang melintasi Sungai Bengawan Solo tersebut runtuh pada 17 April 2018 lalu akibat kendaraan yang melintas dengan muatan berlebih.

"Perbaikan Jembatan Cincin Lama sudah selesai 100 persen, sudah diuji coba dan siap dilalui tanggal 5 Juni (H-10) sesuai rencana," ucap dia.

Perbaikan jembatan dilakukan dengan memasang jembatan rangka baja tipe Garuda Paksi A-50 dengan bentang 50 meter yang didatangkan dari Gudang Peralatan Kementerian PUPR di Cibinong. Anggaran perbaikan sekitar Rp 11 miliar dan dikerjakan oleh kontraktor PT Brantas Abipraya. Besar tonase yang diizinkan melintas sebesar 45 ton.

Selain di Jawa, Basuki juga mengatakan telah menugaskan seluruh Pejabat Eselon 1 di Kementerian PUPR untuk mengecek kesiapan jalan nasional yang akan digunakan sebagai jalur mudik di berbagai pulau, seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Saat ini sudah saya terima laporannya, salah satunya yakni Jalan Lintas Timur Sumatera kondisinya cukup baik dan siap dilalui. Kementerian PUPR siagakan tim tanggap bencana dalam antisipasi keadaan darurat berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.