Sukses

6 Syarat Mudah Pinjam Modal Usaha ke Bank, Apa Saja?

Berikut ini enam syarat mudah meminjam modal usaha ke bank, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kunci masalah dalam mengelola keuangan adalah pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Jika kamu memiliki niat untuk membuka usaha, kamu harus mengubah keuanganmu terlebih dahulu agar tidak berdampak buruk pada usahamu nantinya.

Membuka usaha memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Keterbatasan modal inilah yang menjadi kendala saat seseorang ingin membuka usaha. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan meminjam uang.

Kamu bisa meminjam uang ke koperasi ataupun bank. Tetapi, kebanyakan dari mereka lebih memilih bank sebagai alternatif meminjam uang untuk modal usaha para nasabahnya.

Namun, sebagian dari mereka masih ada yang belum mengerti bagaimana cara meminjam uang di bank. Untuk itu, kamu perlu menyimak di bawah ini untuk mengetahuninya, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)

KTP merupakan syarat yang paling utama dan penting jika kamu ingin mengajukan pinjaman modal ke bank. Identitas diri memang dibutuhkan sebagai syarat untuk pengajuan apapun termasuk pinjaman dana di bank.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Akta Nikah (Jika Sudah)

Pihak bank akan meminta fotocopy akta nikah, jika kamu sudah menikah. Akta nikah ini akan digunakan sebagai jaminan bahwa pihak bank mengetahui harta atau barang yang digunakan merupakan harta perseorangan atau harta bersama.

3. Kartu Keluarga (KK)

Syarat ketiga yang harus dilengkapi adalah Kartu Keluarga. Pihak bank perlu mengetahui berapa banyak beban yang ditanggung oleh calon debitur. Dengan ini, pihak bank dapat mempertimbangkan kesanggupan kamu dalam membayar cicilan tagihan. Karena jika tanggungan anak terlalu banyak, tak jarang pihak bank akan ragu untuk memijamkan dana.

4. Melampirkan Buku Tabungan

Bank akan melihat finansial kamu selama 3 bulan terakhir. Besarnya saldo di dalam rekening tabungan, akan menandakan kesanggupan kamu bisa atau tidaknya untuk mengganti pinjaman yang telah diberikan pihak bank nantinya

3 dari 3 halaman

5. Slip Gaji

Slip gaji merupakan syarat kelima yang harus kamu penuhi. Kenapa? Karna dari slip gaji, pihak bank dapat melihat berapa banyak gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya. Jika kamu ingin meminjam dana yang cukup besar tapi gaji kamu dirasa kurang cukup, tentuntunya pihak bank tidak akan menyetujui permohonan pinjaman dana.

6. Bersih dari Kredit Macet

Jika kamu masih mempunyai tunggakan atau hutang lainnya yang belum dilunasi, jangan harap pihak bank akan memperbolehkan kamu untuk meminjam dana. Karena, kamu masih mempunyai tanggung jawab kepada pihak lain.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa me-revolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.