Sukses

Catat! 5 Cara Mudah Dapatkan Pekerjaan Paruh Waktu

berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu dengan cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja paruh waktu (part time) jadi salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman kerja, dan juga pemasukan. Bukan hanya di bidang yang sama dengan pekerjaan utama saja, namun pekerjaan paruh waktu ini juga bisa di bidang lainnya yang diminati. Nah, pengalaman kerja dan pendapatan tambahan tentunya menjadi sesuatu yang menarik, bukan?

Pun demikian, mencari pekerjaan paruh waktu tidaklah mudah. Angka pencari kerja di Indonesia terbilang sangat tinggi, sehingga Anda juga akan memiliki banyak pesaing. Artinya, Anda harus memiliki cara yang tepat untuk mencari dan menemukan pekerjaan paruh waktu yang paling tepat dan sesuai.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu dengan cepat.

1. Luangkan Waktu untuk Selalu Cari Informasi Lowongan Terkini

Meski telah memasukkan lamaran untuk pekerjaan paruh waktu di beberapa perusahaan, namun Anda juga perlu selalu mencari informasi lamaran terbaru. Hal ini akan membantu Anda untuk memiliki peluang kerja yang lebih besar.

Pilihlah sumber-sumber informasi yang bisa dipercaya, termasuk situs lowongan kerja yang selalu memuat berbagai info terkini mengenai lowongan pekerjaan paruh waktu. Luangkan waktu untuk mencari informasi dan mengirimkan surat lamaran yang sesuai untuk pekerjaan tersebut. (Baca Juga: Mau Kerja Online? Cari Lowongan Kerja Freelance Di Situs Ini)

2. Manfaatkan Situs Lowongan Kerja dan Media Sosial Secara Maksimal

Untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu dengan lebih cepat, Anda bisa memanfaatkan layanan internet secara maksimal. Tidak hanya di situs lowongan kerja saja, informasi pekerjaan paruh waktu ini bisa saja Anda dapatkan dari berbagai sumber lain seperti media sosial, website kampus, dan masih banyak lagi.

Semua itu tentu akan sangat membantu, jika Anda bisa memilih dan memanfaatkan informasi lowongan yang didapatkan dengan baik. Sehingga Anda tidak akan kesulitan memperoleh informasi terbaru mengenai lowongan kerja paruh waktu ini. (Baca Juga: Ciri-Ciri Lowongan Pekerjaaan yang Patut Diwaspadai)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan Koneksi atau Jaringan yang Dimiliki

Anda juga bisa memanfaatkan koneksi yang Anda miliki untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan paruh waktu ini. Tidak selalu yang berhubungan dengan tempat kerja utama saja, namun koneksi ini bisa saja berasal dari hubungan lainnya, seperti teman lama, sahabat, kerabat, saudara, atau bahkan teman sekantor yang telah lebih dulu menikmati kerja paruh waktu tersebut.

Sampaikan keinginan Anda untuk bekerja paruh waktu pada mereka dan tanyakan juga apakah mereka memiliki informasi mengenai lowongan pekerjaan yang seperti ini. Siapa tahu Anda bisa dengan mudah menemukan pekerjaan paruh waktu yang diinginkan.

4. Pilih Momen Liburan untuk Melamar Pekerjaan

Agar peluang Anda diterima bekerja paruh waktu lebih besar, tidak ada salahnya untuk mengajukan lamaran kerja di musim liburan. Hal ini akan membantu, sebab ada banyak karyawan yang bepergian dan mengambil cuti mereka di musim liburan, sehingga perusahaan membutuhkan sejumlah tenaga tambahan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang ada.

Akan tetapi, dengan memilih waktu kerja seperti ini, maka bisa dipastikan Anda tidak akan menikmati momen liburan, terutama jika Anda akan menerima pekerjaan di perusahaan yang cukup besar dan sibuk sepanjang minggu.

3 dari 3 halaman

5. Tindaklanjuti Kembali Lamaran Kerja Anda

Jika lamaran Anda belum direspons oleh pihak perusahaan, maka tidak ada salahnya untuk menindaklanjuti kembali lamaran tersebut. Lakukan hal ini setidaknya setelah seminggu setelah mengirimkannya, sehingga pihak perusahaan bisa melihat minat Anda yang cukup besar untuk bergabung dan bekerja dengan mereka meski sebagai pekerja paruh waktu.

Persiapkan Diri dan Lakukan Pekerjaan Paruh Waktu Anda

Untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Hal ini sangat penting, terutama terkait pengaturan waktu dan juga porsi kerja dengan pekerjaan utama yang saat ini Anda jalankan.

Miliki juga pengetahuan dan keterampilan yang baik di dalam pekerjaan paruh waktu yang Anda lamar, agar bisa menikmati pekerjaan tersebut dan tidak mengganggu pekerjaan utama yang Anda jalani sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.