Sukses

Ini Jajaran Daerah yang Pembangunannya Terbaik di Indonesia

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro turut memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dalam acara Musrenbangnas 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4/2018). Musrenbangnas digelar dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019.

Dalam kesempatan itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro turut memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD). PPD kali ini diberikan kepada tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik dan tiga kota terbaik.

"Sejak tahun 2011 secara rutin kami memberikan Anugerah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Namun, mulai 2018, penghargaan tersebut berubah nama menjadi PDB," kata Menteri Bambang dalam sambutannya.

Penilaian penghargaan, lanjut Bambang, kini lebih menyeluruh dengan tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, tetapi juga pencapaian pembangunan daerah.

Sementara, penjurian sendiri menurut Bambang, dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan.

Objek dan ruang lingkup penilaian mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di faerah.

“Penghargaan Pembangunan Daerah adalah bentuk apresiasi atas kerja keras daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan. Saya berharap, penghargaan ini mampu mendorong setiap daerah, baik di tingkat provinsi, kabupaten, hingga kota, untuk berlomba-lomba menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan,” kata Bambang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peraih Penghargaan Pembangunan Daerah 2018

Berikut Peraih Penghargaan Pembangunan Daerah 2018:

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Provinsi:

1. Provinsi Jawa Timur

2. Provinsi Sumatera Selatan

3. Provinsi Bali

 

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Kabupaten:

1. Kabupaten Tegal

2. Kabupaten Lombok Utara

3. Kabupaten Banyuwangi

 

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota:

1. Kota Palu

2. Kota Palembang

3. Kota Surakarta

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.