Sukses

Pimpin Pertamina, Ini Pekerjaan Rumah Nicke Widyawati

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan perombakan jajaran direksi PT Pertamina (Persero). Salah satunya dengan menunjuk Nicke Widyawati sebagai Plt Direktur Utama BUMN‎ tersebut, menggantikan Elia Massa Manik.

Pengamat Ekonomi Institute fo Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, ada sejumlah hal yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Nicke Widyawati dalam menahkodai Pertamina.

Pertama melakukan negosiasi untuk menekan kerugian Pertamina akibat penugasan Bahan Bakar Minyak bersubsidi.‎

"Tekan kerugian dengan negosiasi kembali kebijakan penyaluran BBM satu harga dan subsidi BBM yang memberatkan keuangan Pertamina. Pemerintah harus mau menambah subsidi BBM, jangan bebankan semua ke Pertamina. Ini butuh ketegasan direksi baru," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Kedua, meningkatkan kembali penyaluran BBM jenis Premium ke seluruh wilayah Indonesia. Hal ini penting jelang Ramadan dan Lebaran dan sebagai salah satu upaya untuk menjaga tingkat inflasi.

"Kembalikan penyaluran Premium yang sempat turun 50 persen di wilayah Jawa Madura Bali. Premium sangat penting untuk jaga daya beli jelang Lebaran," kata dia.

Dan ketiga, mendorong peningkatan produksi minyak dan gas (migas) di dalam negeri. Pada kuartal I 2018, rata-rata produksi migas Pertamina tercatat 924 ribu barel setara minyak per hari.

"Percepatan eksplorasi sumur baru dan tingkatkan produksi sumur existing," kata dia.

2 dari 2 halaman

Bos Pertamina: Jadi Perempuan Harus Serba Bisa

Pada 21 April, banyak kegiatan untuk turut memeriahkan Hari Kartini. Tak hanya acara, berbagai wanita di Indonesia juga saling berbagi pandangan bagaimana memaknai Hari Kartini kali ini. 

Tak lepas dari hal tersebut, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) sekaligus Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati juga berbagi pemikiran di Hari Kartini kali ini. Menurut Nicke, Kartini kali ini harus pemberani dan siap menerima tantangan apa pun, terutama dalam dunia kerja.

"Untuk para wanita Indonesia jangan takut menerima tantangan. Jika ada peluang baik jalankan saja, laksanakan secara profesional. Jangan membatasi diri, karena kita wanita, karena sebetulnya kita itu multitasking," ujar Nicke kepada wartawan, Sabtu (21/4/2018).

Bahkan, Nicke mengklaim sebenarnya wanita lebih tangguh daripada laki-laki. "Yang sudah punya keluarga, yang punya anak, kami multitasking. Hidup wanita, lebih kuat," ujar Nicke dengan semangat.

 

 Tonton Video Ini:

Live Streaming Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Pasokan Premium dan Tumpahan Minyak Dinilai Bukan Alasan Rombak Direksi Pertamina
Artikel Selanjutnya
Bos Pertamina: Jadi Perempuan Harus Serba Bisa