Sukses

Lagi Sering Lembur? Jangan Khawatir, Simak Tips Ini biar Tetap Fokus

Lembur bisa sangat menguras tenaga dan pikiran Anda. Perhatikan tips ini agar Anda mampu hadapi lembur dengan semangat.

Liputan6.com, Jakarta - Situasi memasuki dunia karier memang tidak bisa ditebak. Meskipun sudah ada waktu kerja yang ditentukan oleh perusahaan, seringkali Anda dihadapkan pada keadaan di mana Anda harus lembur di kantor.

Menambah porsi waktu bekerja tersebut saat di kantor bukanlah perkara mudah. Selain memerlukan kondisi fisik yang tahan banting, konsentrasi Anda juga harus tetap terjaga untuk senantiasa fokus pada permintaan pekerjaan tersebut.

DIlansir dari Inc, Selasa (17/4/2018), berikut tips bagi Anda untuk mengatasi jam kerja yang panjang di kantor.

1. Jangan Tertekan

Berikanlah yang terbaik pada saat bekerja, namun jangan biarkan hasil kerjamu menentukan kepribadianmu sehingga Anda merasa bersalah setiap saat. Tak ada yang bisa sukses dalam satu malam. Berilah waktu bagi diri untuk berkembang dan belajar tanpa perlu membebani pribadi secara berlebihan.

2. Istirahat

Tetaplah istirahat seberat apapun aktivitas Anda. Selain tubuh membutuhkan Anda untuk rehat sejenak, pikiran juga perlu dikosongkan untuk melihat hal-hal lain. Upayakan istirahat meskipun jam kerja Anda panjang. Cari tahu bagaimana Anda bisa memaksimalkan istirahat yang optimal di sela-sela waktu tersebut. 

3. Kerja Pintar, Bukan Kerja Keras

Dengan kemudahan yang disediakan saat ini, Anda tentu memiliki alternatif pilihan yang lebih banyak untuk menyelesaikan sesuatu. Cermatilah bagaimana Anda mampu melakukan sesuatu dengan lebih cepat namun hasilnya juka tetap akan maksimal. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Coba Aktivitas Outdoor

Cobalah sekali-kali mengganti ritme Anda bekerja dengan mengisinya pada aktivitas-aktivitas di luar ruangan. Meeting tak selamanya harus di kantor bukan?

Selain itu, Anda juga bisa menghabiskan waktu libur kerja dengan berkunjung ke tempat-tempat yang menarik dengan keluarga maupun sekedar untuk menonton film dengan teman-teman. Dengan ini, tubuh dan pikiran Anda akan sedikit lebih bisa bernapas dibandingkan dengan jika Anda terjebak dalam satu ruangan yang itu-itu saja. 

5. Tahu Prioritas

Anda harus mampu menentukan kapan Anda harus memikirkan pekerjaan dan kapan sebaiknya Anda fokus pada kehidupan Anda masing-masing. Cobalah memisahkan waktu tersebut secara profesional dan penuh tanggungjawab. Jika berhasil melakukanya, Anda akan mampu untuk mencapai tujuan-tujuan lain selain dunia karier anda di kantor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.