Sukses

5 Hal Ini Bisa Maksimalkan Untung Bisnis Anda

Liputan6.com, Jakarta - Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, terutama jika bisnis tersebut cukup ketat persaingannya. Anda harus bisa mengolah kembali ide agar bisa menciptakan inovasi produk yang baik dan mudah diterima di pasaran.

Sayangnya, masih banyak sekali pelaku bisnis yang jalan seenaknya sendiri. Asal membuat bisnis dengan modal yang besar dan memaksakan produk mereka agar laku di pasaran dengan segala cara. Untuk menghindari bisnis yang kurang maksimal, Anda sebaiknya menyiapkan dengan tepat. Mulai dari modal, produk, hingga target pasar Anda.

Selain itu, ada beberapa tips yang efektif untuk memaksimalkan profit bisnis Anda seperti yang dikutip dari Cermati.com berikut ini.

1. Dapatkan Modal dari Sumber Selain Bank

Hal yang pertama kali dibutuhkan dan dipikirkan sebelum seseorang memulai sebuah bisnis adalah modal. Namun, semakin berkembangnya zaman, kini modal tidak lagi menjadi hal yang terlalu dipikirkan atau bahkan tidak lagi menjadi halangan untuk seseorang memulai bisnisnya.

Crowdfunding menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meraih modal. Crowdfunding sendiri adalah metode pengumpulan dana yang dilakukan banyak pihak guna memodali suatu usaha yang sudah disepakati.

Jika Anda akan menggunakan cara ini, ada baiknya matangkan terlebih dahulu rencana bisnis agar nantinya si pemberi dana tahu ke mana modal tersebut akan dialokasikan dan untuk usaha apakah modal tersebut digunakan. (Baca Juga: Mendadak Kaya dari Game Online, Ini Tipsnya)

1 dari 6 halaman

2. Content Marketing

Semakin berkembangnya zaman, membuat manusia semakin teliti dalam memilih sesuatu termasuk dalam membeli produk dan menggunakan jasa. Ketelitian ini dilakukan untuk mendapatkan yang terbaik, nyaman, dan menguntungkan tentunya.

Di sinilah content marketing harus dibuat guna memberikan dan membantu konsumen dalam memperoleh data lengkap seputar produk dan jasa. Hal inilah yang lantas membuat content marketing harus menjadi salah satu media promosi dan pemberi informasi.

2 dari 6 halaman

3. Target Pasar yang Potensial

Sebagai seorang pebisnis, Anda seharusnya tahu tentang target pasar Anda. Milenial adalah terget market yang potensial saat ini dan harus benar-benar diperhitungkan. Sebab pengaruhnya sangat besar bagi perkembangan bisnis Anda.

Pastikan jika Anda selalu menjadikan inovasi terbaru dengan kreativitas yang tinggi. Umumnya generasi milenial menginginkan sesuatu yang tidak repot, tapi tetap berproses. Hal inilah yang akan membuat bisnis Anda harus selalu berkembang.

3 dari 6 halaman

4. Dropship

Dropship merupakan suatu sistem jual-beli yang saat ini banyak dijalankan. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu tentang apa itu dropship.

Dropship sendiri adalah sistem berjualan yang dilakukan seller tanpa harus memiliki barang. Sebab supplier yang akan mengirimkan barang tersebut kepada konsumen. Dengan adanya sistem ini, memang sangat banyak sekali membantu mereka yang ingin memulai bisnis tanpa usaha. (Baca Juga: Liburan Berkesan dan Murah untuk Para Kpopers Sejati)

4 dari 6 halaman

5. Perencanaan Pemasaran yang Baik

Cara agar membuat bisnis Anda meraup profit yang luar biasa adalah dengan merencanakan target market Anda. Jika sudah tahu siapa target market Anda, akan jauh lebih mudah memasarkan produk tersebut.

Pastikan jika Anda menjual barang yang konsumen butuhkan dan bermanfaat bagi mereka. Pastikan juga jika harganya masuk akal. Dengan memastikan target market Anda, promosi akan lebih mudah dilakukan dan produk akan semakin terkenal di pasaran.

5 dari 6 halaman

Cara Meningkatkan Profit Melalui Media Sosial

Selain harus melakukan beberapa cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai jembatan menuju bisnis yang sukses. Dengan media sosial, bisnis Anda akan jauh lebih maju dan dikenal orang.

Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi produk atau jasa. Pastikan jika feeds yang ada di media sosial menarik untuk dilihat dan dikunjungi calon konsumen.

Buatlah branding yang bombastis dan mudah dikenal atau diingat banyak orang. Cantumkan kontak Anda dan pastikan kontak mudah dihubungi. Berikan service yang baik kepada konsumen. Berikan respons yang ramah dan mampu menarik mereka untuk membeli.

Saksikan Live Streaming XYZ Day 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Sukses Berbisnis di Usia Muda Telah Jadi Gaya Hidup, Apa Saja Kiatnya?
Artikel Selanjutnya
Tertarik Terjun di Bisnis Sewa Rumah? Simak Dulu 8 Kunci Sukses Ini