Sukses

Kemenhub Tambah Kuota untuk Mudik Gratis Motor 2018

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah kuota mudik gratis motor bagi masyarakat. Penambahan ini sebagai bentuk komitmen Kemenhub dalam mengurangi angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2018.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menjelaskan, selain mengurangi angka kecelakaan, penambahan kuota mudik gratis ini juga berdasarkan animo masyarakat yang cukup tinggi dalam program ini.

“Kereta api ini dipercaya dan sudah 15 ribu peserta yang mendaftar dari 18 ribu peserta kuota yang disediakan. Tadi diskusi dengan Dirjen Perkeretaapian akan ditambah 5.000 menjadi 23 ribu peserta,” ucap Budi Karya, Senin (19/3/2018).

Terkait rencana penambahan kuota mudik gratis ini, Budi Karya meminta agar PT Kereta Api Indonesia (Perseri) menyediakan sarana untuk mengangkut sepeda motor bagi para calon pemudik.

Lebih lanjut dijelaskan Budi, Kementerian Perhubungan juga menyelenggarakan mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan truk dan kapal.

“Selain kereta api, kami juga akan menggunakan truk kapasitasnya 5.000 peserta dan kapal 10 ribu peserta saya minta yang sudah daftar di sini (moda kereta api) bisa kita switch ke truk. Kalau yang ke Semarang bisa menggunakan kapal,” jelasnya.

Informasi lebih lanjut terkait program mudik gratis untuk pesepeda motor pada masa Idul Fitri tahun 2018 dapat dilihat pada laman mudikgratis.dephub.go.id.

 

2 dari 2 halaman

Pendaftaran

Untuk diketahui, Kemenhub mulai membuka pendaftaran bagi warga yang hendak mudik gratis dengan bus pada pekan ini. Tidak hanya bus gratis, Kemenhub juga sudah menyiapkan angkutan kapal feri gratis bagi pemudik saat lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi mengatakan, ada ribuan bus untuk berbagai rute dan truk pengangkut motor yang telah ia persiapkan, dengan pemberangkatan awal di Jakarta.

"Sudah saya rapatkan, ada ribuan unit bus, termasuk beberapa truk untuk angkut motor. Kita persiapkan beberapa rute dari Jakarta, yaitu ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat," jelasnya ketika dihubungi Liputan6.com.

Dia menuturkan, pemudik yang hendak berangkat dengan bus mudik gratis itu sudah bisa mendaftar secara manual mulai Senin atau Selasa besok di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jabodetabek.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pekan Depan, Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Lebaran Gratis
Artikel Selanjutnya
Jelang Pertemuan IMF, Kapasitas Bandara Ngurah Rai Ditingkatkan