Sukses

Simak Tips Bangun Merek Masa Kini dari Hermawan Kartajaya

Liputan6.com, Jakarta - Memasarkan iklan dari suatu merektentunya jadi kewajiban bagi perusahaan agar dilirik konsumen. Namun begitu, ada hal-hal dasar yang harus dikuasai oleh sang pengiklan agar pesan dapat tersampaikan baik kepada pengguna jasa atau barang.

Pakar ilmu pemasaran dan juga pendiri Markplus Inc Hermawan Kartajaya menyebutkan, setidaknya ada 7 prinsip dasar yang harus dicermati sebelum mengiklankan suatu produk.

“Pertama, game of change, yang artinya seorang brand manager harus melihat kesempatan yang terjadi. Siapa yang bisa mendeteksi lebih dulu change itu, dia punya kesempatan lebih banyak untuk terus menyesuaikan agar brand-nya tidak mati,” jelas dia, seperti ditulis Sabtu (10/3/2018).

Hal berikutnya yang manajer pemasaran harus perhatikan adalah game of competitor. Ia mengatakan, manajer wajib menentukan pesaing sehingga bisa membuat strategi yang tepat.

Prinsip-prinsip selanjutnya yaitu game of customer, di mana pengiklan bisa melihat segmen mana yang dituju, serta game of company, yaitu bentuk dukungan dari tim di luar pihak yang memasarkan.

“Kelima, game of positioning. Ketika keadaan berubah dari luar, seorang brand manager melakukan reposisi dengan cepat,” jelas dia.

Hermawan melanjutkan, hal penting lainnya yang jangan sampai luput adalah game of differentiation. Menurutnya, sebelum suatu produk dari sebuah merek dikeluarkan, perusahaan wajib melihat apakah perbedaan yang ditawarkan komoditasnya itu masih relevan dengan kondisi saat ini atau tidak.

“Ketujuh, baru game of branding itu sendiri, atau game of marketing. Branding itu kan bagian dari marketing, elemen terpenting dari marketing,” tuturnya.

 

1 dari 2 halaman

Faktor Terpenting

Hermawan menambahkan, tiga faktor terpenting suatu iklan bisa sukses adalah change (perubahan), diferensiasi (perbedaan), dan proses. “Proses yang tidak ada di tujuh prinsip itu,” ujar dia.

Ia menjabarkan, proses adalah elemen puncak dari kegiatan pemasaran. Dia turut menekankan, bahwa faktor ini menuntut tiga aspek, berupa quality, cost, dan delivery.

“Proses itu terpenting, dan harus dibuat lebih efisien mengikuti perkembangan dan mengontrol semua aspek tadi, supaya bisa jadi brand zaman now,” pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Jurus Hermawan Kartajaya Agar Produk Laris Manis di Pasaran
Artikel Selanjutnya
SCTV dan Indosiar Raih Penghargaan di Ajang WOW Brand Festive Day