Sukses

Ide Bisnis di Bidang Pernikahan yang Bisa Dulang Banyak Uang

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak ingin menikah? tentu saja semua orang ingin. Nah, keinginan orang untuk menikah tersebut menjadi sebuah peluang bisnis sangat besar.

Bisnis ini bahkan dibilang memerlukan modal yang kecil dan keterampilan yang sederhana tetapi berpotensi mendatangkan untung besar.

Bisnis pernikahan memang kian marak. Apakah kamu salah satu orang yang tertarik terjun di dunia bisnis pernikahan tapi masih bingung ingin usaha apa?

Nah, lupakan sejenak ide bisnis jasa fotografer, atau make up artist yang membutuhkan modal tidak sedikit, baik uang maupun skill.

Dikutip dari Swara Tunaiku, mending intip lima ide bisnis pernikahan yang bisa dijajal berikut ini:

1. Pernak-pernik photobooth

Dokumentasi adalah hal wajib bagi warganet. Nah, untungnya di zaman sekarang siapa sih yang bukan termasuk warganet? Hampir semua orang memiliki akun dan eksis di media sosial, Instagram dan lain sebagainya.

Nah, kamu bisa manfaatkan dengan menawarkan jasa membuat pernak-pernik unik pengisi photobooth, seperti tulisan-tulisan, atau ikon emoticon unik.

Cukup bermodal kreativitas dan kemampuan desain, serta selera humor tentu. Untuk menghasilkan pernak-pernik seperti “jomblo”, “nunggu dilamar”, “siap nyusul”, atau “taken”.

2. Wedding planner dadakan

Sering-sering ikut ke acara pernikahan dan ngobrol dengan teman yang menikah setidaknya bisa jadi modal, lo. Di sini kamu akan mendapat banyak masukan tema, dan model resepsi. Mulai dari yang sederhana, sampai yang mewah, unik, hingga glamour.

Kenapa enggak dijadikan ide bisnis memulai jasa wedding planner atau wedding organizer. Perbanyak koneksi ke jasa-jasa sewa gedung, MUA, katering, fotografer yang sekiranya bisa kamu jadikan rekanan.

2 dari 3 halaman

3. Pondokan Makanan

Kalau ada temanmu yang akan menikah, cobalah melobi agar kamu bisa membuka stand makanan di resepsi pernikahannya. Makanan kecil seperti martabak mini, siomay, aneka roti bisa kamu taruh di resepsi pernikahannya.

Nah, karena teman sendiri, enggak ada salahnya untuk memberikan diskon khusus untuk temanmu yang menikah. Selain kamu memperoleh banyak orderan, kamu juga bisa secara perlahan mengenalkan bisnismu ke khalayak umum.

4. Jasa bungkus seserahan

Cuma butuh lem tembak dan kreativitas untuk menjalankan bisnis ini. Sederhana kan? Tapi membungkus seserahan jangan asal. Kamu juga perlu belajar seninya.

Memang enggak serumit belajar seni fotografi wedding atau MUA, tapi kreativitas dan ngerti seni membungkus seserahan itu perlu.

3 dari 3 halaman

5. Jasa beli souvenir

Kamu enggak perlu sampai memproduksi sendiri souvenir yang ingin kamu tawarkan. Sebab, umumnya para pengantin terlalu repot untuk mencari dan memilah souvenir.

Nah, kamu bisa mengajukan diri untuk membantu mencarikan souvenir yang sesuai dengan keinginannya dan pasangan. Setelah tahu betul apa yang mereka butuhkan, kamu tinggal kemas dengan menarik dan beri label sendiri deh.

Jangan lupa cantumkan nomor telepon atau akun medsos kamu ya. Supaya jika ada yang tertarik, bisa menghubungimu lagi. Cukup sederhana dan tentunya enggak butuh modal besar, kan.

Kira-kira setelah mengetahui lima inspirasi ide bisnis pernikahan yang cukup bermodalkan semangat, apakah tertarik menjajalnya?

Meskipun bisa dijalankan dengan hanya bermodalkan semangat, tapi ada baiknya kamu sediakan juga modal uang lebih, siapa tahu kesempatan untuk meningkatkan skala bisnis datang, kamu sudah siap.

Video Populer Bisnis

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Baru Masuk Dunia Kerja? Ini 6 Cara Jitu Keuangan Tetap Aman
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Investor Pemula