Sukses

Jakarta Rawan Banjir, Cek Kembali Asuransi Kendaraan Anda

Liputan6.com, Jakarta DKI Jakarta terus-menerus diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Imbasnya, sebagian wilayah di ibu kota terendam banjir. Terkait kondisi ini, bagi para pemilik kendaraan diminta memperhatikan satu hal, yakni masalah asuransi.

Direktur Utama PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) Julian Noor mengimbau, pemilik kendaraan untuk mengindentifikasi wilayah operasi kendaraannya.

Dia menyarankan, jika wilayah yang dilalui pemilik kendaraan memang rawan banjir, sebaiknya pemilik memperluas cakupan polis asuransi termasuk banjir.

"Pertama, harus identifikasi dulu tempat mengendarai adalah daerah rawan banjir. Kalau berada dan menjalankan di wilayah banjir seperti Jakarta misal, ada sebaiknya ketika membeli asuransi kendaraan motor diperluas dengan banjir," kata dia kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Namun, kata dia, jika sudah terlanjur memiliki asuransi, pemilik kendaraan diminta memastikan jika asuransi kendaraannya tersebut turut memberikan perlindungan banjir. Sebab, tak semua asuransi kendaraan memberikan perlindungan banjir.

"Kedua, bagi pemilik kendaraan mengalami kebanjiran, kerendam atau segala macam. Yang mesti dilakukan ada satu cek kembali polisnya. Apakah menjamin banjir. Bisa ditanyakan perusahaan asuransinya atau ditanyakan kepada agen yang dulu menjual misalnya untuk konfirmasi," papar dia.

"Kalau misalnya menjamin yang dilakukan mesti melaporkan kejadian dia," jelas dia.

Di samping itu, pemilik kendaraan juga mesti aktif memantau kondisi jalan terlebih saat hujan. Sehingga, pemilik kendaraan jauh dari risiko terendam banjir.

"Menurut saya tipsnya kita hindari terkena banjir, yang terbaik menurut saya menggunakan aplikasi misalnya untuk melihat mana daerah ketika hujan terjadi banjir. Untuk mendeteksi daerah yang banjir bisa terlihat dari stagnasi kemacetan yang luar biasa. Kemungkinan daerah ini banjir," tukas dia.

2 dari 2 halaman

Pilihan Rumah Murah Anti-Banjir di Sekitar Jakarta

Banjir menjadi masalah klasik yang dialami oleh warga Jakarta dan sekitarnya ketika memasuki musim hujan seperti saat ini. Menumpuknya sampah serta tidak adanya lahan resapan air selalu dituding menjadi penyebab banjir.

Kalau sudah begitu tentu masyarakat yang akan dirugikan. Harta benda mereka di dalam rumah akan habis terendam ketika banjir datang.

Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum membeli rumah, Anda mengetahui terlebih dahulu apakah rumah tersebut langganan terkena banjir.

Bagi Anda yang ingin mencari rumah anti-banjir, berikut adalah daftar lengkapnya, seperti dikutip dari Lamudi, Senin (20/11/2017):

Serpong Garden Tangerang

Jika Anda mencari rumah di kawasan Tangerang, mungkin bisa langung memilih Serpong Garden, perumahan seluas kurang lebih 75 hektare tersebut berada di Jalan Raya Serpong-Cisauk.

Selain memiliki fasilitas yang lengkap, perumahan ini pun diklaim bebas banjir. Satu unit rumah di sana pun dijual dengan harga yang sangat variatif mulai dari Rp 500 jutaan.

Kota Wisata Cibubur ­

Namun, jika Anda ingin mencari rumah di Jakarta Timur, Kota Wisata Cibubur bisa menjadi pilihan yang menarik. Perumahan ini berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pintu Tol Cibubur, tempat wisata TMII, dan perkemahan Cibubur. Tidak hanya itu, perumahan ini dijamin bebas banjir.

Summarecon Bekasi

Di Bekasi juga ada perumahan yang dibuat bebas banjir, yakni Summarecon Bekasi. Perumahan ini berada di pusat Kota Bekasi. Di sana juga dibangun beragam fasilitas yang mewah, seperti Club House, kolam renang, children playgroundmultifunction room, internet, TV kabel, carport, keamanan 24 Jam, dan pusat ibadah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lippo Cikarang

Perumahan bebas banjir lainnya juga ada di Lippo Cikarang yang berada di Jalan Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi. Perumahan tersebut berada di lokasi yang sangat strategis karena dekat pintu Tol Cikarang Pusat KM 37, LRT, hingga kereta api cepat Jakarta – Bandung.

Di sana juga dilengkapi dengan mal, 21 sekolah, rumah sakit, hotel, dan pusat kebugaran. Fasilitas carport, keamanan 24 jam, kolam renang, pasar modern, ATM, sarana ibadah, taman juga ada.

BSD City

BSD City merupakan kota mandiri terbesar di Indonesia, lokasinya berada di Serpong, Tangerang Selatan. Di sana dilengkapi dengan beragam fasilitas menarik, mulai dari pusat perbelanjaan, pusat pendidikan, tempat rekreasi, dan area perumahan di desain antibanjir.

Citra Raya Tangerang

Citra Raya merupakan sebuah kota mandiri yang dibangun oleh pengembang raksasa Ciputra Group, dengan luas pengembang sebesar 2.760 Ha. Selain didesain bebas banjir, area perumahan ini pun dilengkapi dengan beragam fasilitas yang lengkap seperti theme park, water park, sarana ibadah, keamanan 24 Jam, carport, feeder bus, EcoPlaza, EcoPark, Mall Ciputra.

Victoria Green Residence

Perumahan bebas banjir lainnya ada di Victoria Green Residence. Perumahan ini dibangun di Jalan Tarumajaya Raya, Setia Mulya, Bekasi. Perumahan ini didesain sangat baik untuk sistem pengairan, sehingga dapat membuat perumahan ini terhindar dari banjir. Perumahan ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti club house, kolam renang, taman bermain, carport, keamanan 24 jam, taman penghijauan, dan danau rekreasi.

Citra Maja Raya

Bagi Anda yang ingin mencari rumah dengan harga murah dan bebas banjir, mungkin bisa langsung melirik Citra Maja Raya, perumahan ini dijual mulai dari Rp 157 juta. Tidak hanya itu, perumahan ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas yang lengkap, seperti keamanan 24 jam, carport, feeder busway, wahana rekreasi, family club, sport club dan ruang terbuka hijau.

Loading
Artikel Selanjutnya
Anies: Butuh Bantuan, Korban Banjir Jakarta Bisa Kabari Kami
Artikel Selanjutnya
PLN: Pemadaman Listrik saat Banjir demi Keselamatan