Sukses

Anak SD Surati Sri Mulyani, Ada yang Minta Emas hingga Pulsa

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati bercerita tentang kegiatan sukarela yang dilakukan oleh pegawai Kementerian Keuangan yang bertajuk Kemenkeu Mengajar. Dalam acara yang diadakan pada Oktober 2017 lalu, anak SD yang diajar mendapat kesempatan untuk menulis surat kepada mantan bos Bank Dunia ini.

Diungkap Sri Mulyani di laman Facebook resminya, surat tersebut kemudian dikurasi dan dipilih 10 surat terbaik. Sri Mulyani kemudian membalas secara pribadi surat-surat yang ditujukan padanya.

"Suatu kebanggaan dan keharuan buat saya untuk mendapat menjawab satu per satu surat tersebut," kata Sri Mulyani dikutip Selasa (12/12/2017).

Apa saja isi suratnya? Berikut ulasannya:

1. Surat dari Nabila

Asalammualaikum, kepada ibu menteri Ibu saya nabila, ibu sebagai menteri keuangan, ibu apa makanan kesukaan indonesia, atau khas indonesia. kalau saya gado-gado dan lain-lain

Ibu apakah pernah ketemu presiden Indonesia (Jokowi)dan Wakil Presiden Indonesia (Yusuf kala) ibu tahukah presiden 1 Indonesia (sukarno hatta) Ibu makasih sudah membaca surat saya

Salam manis, Nabila. SS

Balasan Sri Mulyani:

Wa'alaikum salam Nabila,Hari ini kamu sudah makan gado-gado Nabila? Ibu juga sangat suka makan gado-gado, makanan sehat banyak sayuran dan tahu-tempe. Sebagai Menteri Keuangan, ibu adalah pembantu Presiden dan Wakil Presiden, jadi Ibu cukup sering bertemu presiden Jokowi dan wakil PresidenJusuf Kalla. Belajar yang rajin ya, dan jangan lupa berdoa dan shalat. Salam untuk orang tuamu.

Sri Mulyani disurati anak SD (Foto: Facebook Menkeu Sri Mulyani)

2. Surat dari Fadavi Maulana Satria

Bu Sri Mulyani Saya minta 1kg emas dan 2 kucing anggora 1 laki 1 perempuan kucing dan pulsa 200.000 Telkomsel ke 08128786xxx

Balasan Sri Mulyani:

Hello Fadavi,

Wah minta 1kg emas, mau dipakai untuk apa Fadavi? Bagus Fadavi suka memelihara kucing, jangan banyak main dengan telpon ya,nanti lupa Belajar dan Bermain dengan teman. Semoga Fadavi jadi anak pintar dan terus rajin belajar - supaya nanti dapat membeli 1kg emas sendiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Surat dari Aisyah Asma

assalamualaikum, bu saya cita-cita nya mau jadi Dokter, Doa in Aku mudah-mudahan tercapai dan cita-cita ku jadi ibu menteri mudah-mudahan ibu sehat walAfiat sampai di sini dulu ya!... wa alaikum salam waroh matul lohi wabarokatu

Balasan Sri Mulyani:

Bagus sekali cita-cita Aisyah untuk menjadi dokter dan membantu masyarakat miskin. Dengan Belajar yang tekun, terus semangat membaca dan dengan doa dari orang tua, Insyaallah cita-cita Aisyah dapat tercapai. Jangan lupa selalu patuh pada orang tuadan hormat kepada gurumu. Wassalamu'alaikum, Sri mulyani Indrawati.

 Sri Mulyani disurati anak SD (Foto: Facebook Menkeu Sri Mulyani)

4. Surat dari Rashiqa Cintana S 

Assalamualaikum Ibu Sri Mulyani

Saya hanya ingin menyampaikan bahwa Ibu Sri adalah menteri keuangan yang sangat hebat. Dan insya allah saya bisa seperti Ibu Sri Mulyani. Saya sangat menggemari anda. Dan saya doakan selalu agar Ibu Sri Mulyani tambah sukses diberi kesehatan oleh Tuhan, sehat selalu, murah rezeki. Dan insya allah semua doa ibu akan diijabah oleh Tuhan. Amin.Dan semoga kita bisa bertemu :) 

Dijawab Sri Mulyani sebagai berikut:

waalaikum salam Rashiqa,Alhamdulillah dan terimakasih doa yang telah dikirim untuk saya. Ibu yakin, Rashiqa akan mampu menjadi perempuan hebat dan mampu memimpin Indonesia. Terus belajar yang tekun dan selalu haus akan pengetahuan. Dengan selalu berdoa dan sholat, juga patuh dan hormat pada orang tua dan guru, Insyaallah Rashiqa akan berhasil.Salam 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Surat dari Nania Zahrah Kainama

Untuk Ibu Sri Mulyani yang saya hormati,

Saya salah satu penggemar berat Ibu. Saya ingin mengatakan yang sejujur-jujurnya, bahwa ibu sangat cantik. Saya sudah mendengar banyak tentang Ibu. Ibu adalah orang yang luar biasa. Saya terkagum dengan hasil kerja Ibu.Love Nania (dari  Kelas 6A SDN Menteng 03)

Balasan Sri Mulyani:

Hello Nania,Terimakasih atas kiriman kartu posnya, Ibu yakin Nania adalah murid yang pandai dan akan menjadi orang hebat nantinya, bila Nania terus rajin belajar dan membaca, dan jangan lupa selalu berdoa, dan menghormati orangtua dan guru kamu. Terus menjadi anak yang baik.

Sri Mulyani disurati anak SD (Foto: Facebook Menkeu Sri Mulyani)

6. Surat dari Faiza nasya Irawan

Bu Sri Mulyani, Semangat bekerja agar Indonesia dapat bersaing dengan Amerika,China dan negara maju lain. Semoga Indonesia dapat maju dalam keuangan. Doakan saya semoga nilai UN saya bagus. Jangan lupa follow instagram @nanas_ya

Balasan Sri Mulyani:

Hello Nasya,Terimakasih sudah memberi semangat kepada Ibu. Indonesia dapat menjadi negara maju dan hebat, dengan anak-anak yang pintar dan baik serta jujur seperti Nasya. Ibu doakan ujian Nasya berhasil baik dengan nilai-nilai yang bagus. Terus belajar dengan rajin dan tekun, dan jangan lupa berdoa-sholat. 

Sri Mulyani disurati anak SD (Foto: Facebook Menkeu Sri Mulyani)

7. Surat dari Dhysa H Zakia

Assamualaikum wr wb. Pada tanggal 23 Oktober 2017 adanya pegawai pajak datang ke sekolah saya menjadi luas pengetahuannya adanya Anti-korupsi. Belajar mengenai sejarah uang jaman dahulu. ORI : Oeang Republik Indonesia. Bermain game bersama-sama. Bu Menteri doakan saya menjadi seorang Presiden Anti Korupsi. Assalamualaikum wr wb. Salam Manis Dhysa. 

Balasan Sri Mulyani:

Waalaikum salam Dhysa,Senang saya membaca kartu pos dari Dhysa, semoga cita-cita Dhysa menjadi Presiden Anti Korupsi akan tercapai. Hebat cita-citanya! Terus tekun belajar dan membaca, dan jaga kejujuran dan semangat membangun Indonesia, dan jangan lupa untuk berdoa. Insyaallah cita-cita baik Dhysa tercapai, untuk membuat Indonesia makin hebat. (dari Sri Mulyani Indrawati)

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

8. Surat dari M. Malik Syairulloh

Pertanyaan : Ass, Ibu Mentri perkenalkan nama saya Malik. Ibu bila saya jadi mentri keuangan sibuk gak sih?

Balasan Sri Mulyani:

Waalaikum salam Malik,Senang mendapat perkenalan dari kamu, semoga Malik senang dan terus belajar tekun di SDN Utama Mandiri I Cimahi. Jadi Menteri Keuangan cukup sibuk, mengurus dan menjaga uang negara, itu uang rakyat Indonesia dipakai untuk membangun negara kita agar jadi baik dan sejahtera.

9. Surat dari G. Khanza H

Assalamualaikum Ibu Menteri saya bercita-cita Arsitek saya ingin bertemu dengan Ibu Menteri. Saya meminta permohonan agar Lingkungan  Indonesia menjadi damai dan tidak ada lagi kemiskinan. Saya berimpian membangun rumah pengungsian. Semoga surat dari saya dijawab dan bermanfaat bagi rakyat Indonesia. Saya peduli dengan keuangan negara. Terima Kasih, Salam dari Khanza murid SDN Menteng 03. 

Balasan Sri Mulyani:

Waalaikum salam Khanza,Bagus sekali cita-citamu untuk menjadi Arsitek, dan ingin membangun rumah pengungsian. Kamu bisa membuat Indonesia menjadi negara yang damai dan makmur, tidak ada kemiskinan. Khanza harus terus belajar tekun dan semangat membantu sesama teman dan orang-orang yang butuh pertolongan. Jangan lupa selalu berdoa dan sholat, serta patuh dan menghormati orang tua dan guru, saya senang Khanza peduli keuangan negara, itu uang rakyat Indonesia. Wassalamualaikum. 

 Sri Mulyani disurati anak SD (Foto: Facebook Menkeu Sri Mulyani)

10. Surat dari Wulandari Annayo Putri Aulia

Selamat siang Ibu Sri Mulyani. Ibu apa kabar? Semoga dalam kondisi sehat amin.Ibu Sri yang kami cintai dan banggakan. Kenalkan namaku Wulandari Annayo Putri Aulia umurku 10 tahun. Aku bersekolah di SDN Menteng 03 Pagi Jakarta Pusat. Aku ingin sekali bertemu Ibu Sri Mulyani, kapan-kapan jika aku mempunyai waktu aku akan pergi ke kantor keuangan untuk menemui Ibu Sri Mulyani. Aku punya satu pertanyaan kepada Ibu yaitu Ibu asalnya dari mana? Apa menjadi menteri keuangan cita-cita ibu dari kecil? Sekian surat dari saya. Assalamualaikum wr wb. 

Balasan Sri Mulyani:

Hallo Wulandari, Bagaimana kabarnya? Terimakasih atas kiriman kartu pos, senang membacanya. Kamu menanyakan asal Ibu dari mana? Jawabnya dari Indonesia, karena ibu lahir di Lampung, dibesarkan di Semarang dan Jakarta, cukup lama sekolah dan bekerja di Amerika Serikat. Dulu cita-cita Ibu adalah menjadi guru, bukan menjadi menteri keuangan. Wulandari sekolah dan belajar yang tekun ya, jangan lupa sholat dan selalu berbakti pada orang tua. Sampai ketemu lain kesempatan ya, Waalaikum salam.