Sukses

Ingin Mulai Berbisnis Namun Tak Punya Banyak Uang? Coba Cara Ini

Tahukah Anda, bahwa ternyata tak memiliki uang yang banyak dapat menghancurkan mimpi Anda dalam memulai bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kendala utama memulai berbisnis ialah modal. Kebanyakan orang akhirnya mengurungkan niatnya memulai bisnis karena merasa tidak memiliki uang yang banyak.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata syarat harus memiliki uang yang banyak bukan berarti dapat menghancurkan mimpi Anda dalam memulai bisnis.

Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis meski dengan uang yang sedikit sekalipun. Asal memiliki kombinasi keterampilan, etos kerja, dan pengetahuan pemasaran yang tepat semua itu menjadi hal yang mungkin.

Chris Guillebeau, penulis The $ 100 Startup mengatakan, "Untuk sukses dalam proyek bisnis, terutama yang Anda sukai, ada baiknya Anda memikirkan dengan cermat semua keterampilan yang Anda miliki yang dapat membantu orang lain dan terutama tentang kombinasi dari keterampilan itu."

Lalu, cara apa saja yang dapat dilakukan agar tetap bisa memulai bisnis dengan sedikit uang? Dilansir dari laman entrepreneur.com, Jumat (3/11/2017), berikut beberapa cara agar dapat memulai bisnis dengan sedikit uang:

1. Membuat Sesuatu

Mungkin membuat sesuatu tetap membutuhkan biaya awal dalam persediannya. Namun seringkali, produk ini dapat berkali-kali dijual dengan biaya sebenarnya.

Apa yang ingin dibuat, itu adalah terserah Ada. Namun apapun karya handmade yang dibuat, Anda dapat coba menjualnya ke mana saja, baik secara langsung maupun secara online.

 2. Menjual Ulang Sesuatu

Jika Anda menganggap diri Anda kurang mampu membuat sesuatu, coba saja bisnis dengan menjual kembali produk yang telah dibuat. Hal ini tentu lebih mudah dan bisa dilakukan melalui berbagai cara atau saluran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikutnya

3. Menjual Jasa

Salah satu cara untuk memulai bisnis dengan sedikit modal, atau bahkan tanpa modal ialah dengan menjual jasa. Ada berbagai macam layanan yang dapat Anda tawarkan, bergantung pada latar belakang dan minat Anda.

Beberapa jasa mungkin akan memerlukan tingkat lanjut, seperti akuntansi. Sementara yang lain hanya memerlukan sedikit pengetahuan tentang bagaimana hal itu dilakukan, seperti menjaga anak, memotong rumput, atau bantuan pribadi.

Karena Anda menjual layanan, maka Anda memerlukan rencana pencitraan merek untuk memastikan nama dan perusahaan Anda terkenal. Selain itu, Anda juga harus memiliki situs web untuk menunjukkan contoh karya Anda, mencantumkan pengalaman, dan blog tentang industri Anda untuk menarik pengunjung.

 4. Barter untuk Mendapatkan Hal yang Anda Butuhkan

Sayangnya, sangat sulit memulai bisnis tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Bahkan menciptakan bisnis penulisan lepas dengan memanfaatkan Elance, dan situs Wordpress atau Wix gratis sekalipun tetap memerlukan komputer dan jaringan internet yang stabil.

Namun, Anda bisa tenang karena ada beberapa cara mendapatkan persediaan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis tanpa uang. Misalnya, jika Anda membutuhkan laptop bekas, bisa mencoba barter untuk itu. Anda bisa coba menawarkan layanan pengasuh anak, mungkin saja Anda bisa mendapatkan laptop bekas dari tetangga.

3 dari 3 halaman

Berikutnya

5. Manfaatkan Layanan Berbiaya Rendah

Dalam mengembangkan bisnis, tentu iklan sangat berpengaruh dalam mengenalkan dan memperluas produk dan layanan yang Anda miliki. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai situs untuk dapat mengiklankannya.

Sebaiknya Anda memilih situs yang menawarkan jasa iklan dengan harga murah atau yang menawarkan diskon. Dengan demikian tentu Anda mendapat keuntungan lebih bukan?

Bagaimana? Cara-cara di atas cukup mudah untuk dilakukan bukan? Yuk segera terapkan agar bisa menjadi pembisnis sukses di masa mendatang.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini