Sukses

5 Barang Bekas Steve Jobs yang Dilego dengan Harga Fantastis

Liputan6.com, New York - Meski berstatus sebagai barang bekas pakai, lima benda ini ternyata mampu diminati banyak orang dan dijual kembali dengan harga fantastis. Penyebabnya tak lain tak bukan karena barang-barang ini merupakan peninggalan Founder Apple, Steve Jobs.

Citra Steve Jobs sebagai seorang inovator tak hanya mampu dinikmati dari produk-produk besutan Apple. Bagi banyak kolektor, barang peninggalan Steve Jobs ini juga memiliki nilai historisnya sendiri.

Berikut lima barang Steve Jobs yang laku dijual dengan harga fantastis seperti dilansir dari Mirror.co.uk, ZDNet, dan SlashGear, Selasa (31/10/2017):

1. Komputer Apple langka

Pada tahun 2015, seorang perempuan yang dirahasiakan identitasnya telah berhasil menjual komputer Apple buatan 1976 seharga hampir Rp 2,6 miliar.

Padahal sebelumnya, perempuan itu telah membuang komputer tersebut ke tempat sampah, karena menilai peralatan tersebut tak ada harganya. Dia membuang komputer itu agar bisa didaur ulang.

 

 

Ketika petugas sampah membuka tempat sampah itu dan menemukan Apple 1 yang pernah dibangun oleh para pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak, barulah disadari kalau peralatan itu merupakan benda langka.

2. Sertifikat kepemilikan saham

Dealer Moments in Time menjual sebuah sertifikat kepemilikan saham pertama Apple milik Steve Jobs. Setifikat tersebut diketahui tertinggal di kantor pendiri Apple itu setelah dirinya digantikan oleh CEO Apple berikutnya, John Sculley pada 1985.

Rupanya, pada dokumen bersejarah Apple itu terdapat tanda tangan langka Steve Jobs. Kini, sertifikat itu dijual secara terbuka bagi siapa saja yang rela merogoh US$ 195.000 (setara dengan Rp 2,5 miliar) dari koceknya, seperti dilansir dari ZDNet.

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Kartu nama

Karisma mendiang Steve Jobs hingga kini sepertinya belum memudar sedikitpun, sampai-sampai ada seseorang yang rela mengeluarkan uang US$ 10.050 atau sekitar Rp 130 juta untuk membeli tiga lembar kartu nama milik mantan bos Apple tersebut.

Ketiga kartu nama yang dibeli adalah business card saat Jobs berprofesi sebagai President NexT, Chairman of the board di Apple, dan Chairman of the board di studio animasi Pixar pada periode 1984 hingga 1990.

Seperti dilaporkan Mirror.co.uk, orang yang membeli kartu nama bernilai tinggi itu adalah Tim Knowles, CEO startup Stacks.co. Kartu nama tersebut mulanya diberikan kepada sebuah tim katering dan kemudian disumbangkan ke sebuah sekolah di Amerika Serikat untuk dilelang.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Buku tahunan

Barang lain yang juga dijual dengan harga tinggi adalah buku tahunan SMA Steve Jobs. Benda ini dilelang di situs eBay dengan harga hampir mencapai US$ 13 ribu atau setara Rp 170 juta.

Dalam buku tahunan tersebut, terdapat foto Jobs saat masih muda dan penampilannya terlihat sangat berbeda dengan yang kita kenal selama ini. Dia tampak memiliki rambut panjang dan terlihat seperti penyanyi rock, ketimbang calon CEO dari perusahaan paling berharga di dunia.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Mobil mewah BMW

BMW Z8 bekas Steve Jobs yang akan dilelang oleh Sothebys.(Sothebys)

Sebuah mobil berjenis BMW Z8 yang pernah dimiliki oleh Steve Jobs rencananya akan dilego oleh balai lelang Sotheby’s dalam waktu dekat.

Harganya diperkirakan bakal mencapai kisaran US$ 300 ribu hingga US$ 400 ribu atau sekitar Rp 4 miliar hingga Rp 5,4 miliar.

Mobil sport dua kursi dengan atap convertible ini pada tahun 2000 hingga 2003 dulu sempat dimiliki oleh Steve Jobs. Konon, pendiri Apple tersebut disarankan membeli mobil ini oleh CEO Oracle Larry Ellison.