Sukses

Ini Strategi Semen Indonesia Hadapi Persaingan

Liputan6.com, Jakarta Tingginya pasokan semen di Indonesia menyebabkan persaingan di industri produsen semen sangat ketat. Hal ini yang menjadikan dasar salah satu BUMN, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, berupaya untuk meningkatkan kualitas.

Kepala Seksi Data dan Riset Pemasaran Semen Indonesia Hendri Erza mengungkapkan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan sistem menejemen perusahaan dengan mengimplementasikan sistem Enterprise Resource Planning (ERP).

"Enterprise Resource Planning, dipilih untuk memperkuat supply chain Semen Indonesia. Sistem ERP, akan mengintegrasikan proses bisnis dan distribusi semen dari hulu ke hilir mulai dari input, proses, sampai output. Mulai dari pembelian barang, gudang, hingga delivery ke pasar," kata dia dalam keterangannya, Senin (30/10/2017).

Dengan menggunakan sistem ini maka toko, distributor, dan Semen Indonesia akan disatukan dalam sistem ERP. Hal tersebut juga menjadi alasan kuat mengapa Semen Indonesia memilih menggunakan FORCA ERP.

Hendri menambahkan, ERP buatan dalam negeri ini, selain memuat peraturan lokal seperti perpajakan, juga akan menjadi jembatan antara Semen Indonesia dan Distributor hingga ke Toko.

Maka dari itu menejemen Semen Indonesia terus mensosialisasikan sistem yang dimilikinya ini ke berbagai jaringan pemasarannya mulai dari kantor Jakarta, Padang, dan Gresik untuk sebagian distributor wilayah Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

"Melihat kondisi saat ini, konsumen khusunya di Indonesia telah menjadi konsumen cerdas. Lingkungan dan perubahan zaman yang telah beralih ke ranah digital tentunya sangat berpengaruh terhadap perilaku pembelian kosumen. Konsumen menuntut kecepatan pembelian, dan service level yang tinggi," jelas dia.

Dengan ERP ini, distributor diharapkan agar dapat mengelola data dengan baik, mengetahui keunggulan dan celah bisnis, dan dapat memiliki strategi yang unggul kedepan. Oleh karena itu, Semen Indonesia akan mendukun penuh transformasi digital pada seluruh rantai pasok.

"Kecepatan dan transparansi dari sisi keuangan Distributor adalah hal utama dalam menjalakan bisnis. Dengan penggunaan FORCA ERP, diharapkan pengelolaan perusahaan akan lebih efektif dan efisien. Dan tentunya, kita akan menjadi lebih kuat," tutup Hendri. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading