Sukses

Jokowi Minta Gibran Jualan Martabak ke Luar Negeri

Jokowi meminta putra sulungnya, Gibran Rakabuming untuk membawa usaha martabak Markobar go internasional.

Liputan6.com, Jakarta Jiwa wirausaha Joko Widodo (Jokowi) tidak serta-merta hilang dalam dirinya, meski sudah menjabat seorang Presiden. Jokowi meminta putra sulungnya, Gibran Rakabuming untuk membawa usaha martabak Markobar (Martabak Kota Barat) go internasional.

Pesan ini disampaikan Jokowi saat acara Ngopi Sore Bareng Presiden bersama para penggiat kopi di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/10/2017).

"Anak saya saja saya kejar-kejar jualan martabak jangan cuma di Indonesia saja, loncatlah meski hanya jualan martabak. Martabak internasional," ujar Jokowi mengingatkan sang anak.

Pesan tersebut juga ditujukan kepada pelaku industri kopi untuk berani membuka kedai di negara lain. "Kalau ada kesempatan, setelah buka di sini (Indonesia), juga ke negara lain. Kita kan jual brand value. Jadi kalau sudah punya brand, segera. Tidak punya duit, ngomong. Saya juga tidak punya, tapi bisa cariin," kata Jokowi seraya diikuti guyon.

Jokowi menyarankan, pelaku industri kopi harus menguasai proses bisnisnya. Setelah panen kopi, komoditas ini harus diproses sedemikian rupa dengan kemasan yang menarik, peracikan yang bagus, dan pemasaran yang tidak lagi melalui jalur konvensional, tapi juga merambah online.

"Kalau proses bisnis betul-betul dikuasai, saya pikir kita bisa bertarung di pasar dunia. Harus ada keberanian anak-anak muda kita untuk merebut peluang itu, terutama di pasar domestik, jangan sampai dikuasai orang lain," ucap Jokowi.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.