Sukses

Kemenhub Minta Wings Air Terbang ke Anambas

Liputan6.com, Batam - Maskapai penerbangan Wings Air melakukan uji coba pendaratan dan penerbangan di Bandara Letung, Anambas Kepulauan Riau. Ujicoba ini memakai pesawat jenis ATR.

Kepala Satuan Pelaksana Bandara Letung Ariadi mengatakan, ‎Wings Air melakukan pendaratan ujicoba di Bandara Letung dari Batam, Minggu pagi (24/9/2017).

Dia mengatakan hasil uji coba tersebut memuaskan. Wings Air mendarat mulus di bandara yang menjadi pintu gerbang Kabupaten Anambas tersebut. "Kemarin pagi sudah dicoba test landing Wings Air. Hasil test Alhamdulillah menggembirakan," kata dia di Batam, Senin (25/9/2017).

Ariadi pun ingin Wings Air segera menindaklanjuti hasil uji coba. Dengan demikian, jumlah penerbangan di Bandara Letung bertambah. Ini kemudian dapat mendorong perekonomian di wilayah tersebut, karena konektivitas yang semakin mudah.

"Mudah-mudahan bisa segera, tinggal di-follow up saja ke Wings Air, lebih cepat lebih baik," ujarnya.

Bandara Letung dibangun sejak Juli 2014, dalam waktu 2 tahun. Tepatnya 22 November 2016, bandara tersebut telah beroperasi‎. Saat ini baru terdapat satu penerbangan reguler oleh Susi Air, dengan rute penerbangan dari Tanjung Pinang dengan kapasitas 13 tempat duduk, serta penerbangan carter untuk wisatawan luar negeri dari Batam.

Menurut Ariadi, ‎jumlah penerbangan yan ada saat ini masih belum memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga membutuhkan tambahan.

"Dua bulan ini ada pesawat carter untuk membawa turis ke Pulau bawah ( bagian dari gugusan pulau Anambas) sekarang Susi air itu waiting list terus, karena kapasitas 13 penumpang," dia menandaskan.