Sukses

Kekayaan Bos Facebook Tambah Rp 46,5 Triliun dalam Sepekan

Dengan kekayaan US$ 66,7 miliar, Mark Zuckerberg menjadi orang terkaya ke-6 di dunia

Liputan6.com, New York - Sejak awal tahun 2017, nilai saham Facebook terus meningkat. Ekspektasi yang besar terhadap pendapatan Facebook di kuartal kedua turut mendongkrak nilai saham ke level teratas. Alhasil, ini pun berimbas pada harta kekayaan dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Seperti dilansir dari Forbes, Selasa (18/7/2017), kekayaan Mark Zuckerberg melonjak pada minggu lalu. Pada penutupan perdagangan hari Jumat, Mark Zuckerberg mendapat kucuran harta sebanyak US$ 3,5 miliar atau setara Rp 46,5 triliun.

Total kekayaan Mark Zuckerberg kini adalah US$ 66,7 miliar. Dia merupakan orang terkaya ke enam di dunia dan satu-satunya miliarder di usia 30 tahun-an yang berhasil masuk dalam peringkat 10 besar.

Mark Zuckerberg merupakan tokoh penting di balik berdirinya Facebook. Ia memiliki kendali penuh atas masa depan jejaring sosial tersebut. Saat ini, Mark memegang 17 persen saham Facebook dan merupakan pemegang saham terbesar dalam perusahaan tersebut.

Semasa berkuliah pada tahun 2002, Zuck mulai dikenal sebagai pengembang berbakat. Ia membesut aplikasi Facemash yang berhasil dikunjungi 22 ribu kali oleh 450 orang selama 4 jam. Namun, karena memakai foto dari pusat administrasi sekolah, pihak kampus memerintahkan aplikasi ini dihapus.

Masih di Harvard, Zuckerberg muda memulai Facebook dengan sejumlah temannya di asrama kampus. Ia pun drop out demi fokus ke jejaring sosial itu. Meski begitu, sebelum ke luar dari kampus, dia sempat berkenalan dengan Priscilla Chan.

Facebook pertama kalinya mendapatkan investasi US$ 12,7 juta (Seri A) saat dirinya masih berusia 20 tahun-an. Kesuksesan Zuckerberg dengan Facebook pun sempat difilmkan dalam "The Social Network" pada 2010. Namun sebagian besar kisah dalam film itu dianggap tidak benar oleh Zuckerberg.

Zuckerberg melepas saham Facebook publik pada 18 Mei 2012. Dalam IPO mengumpulkan US$ 16 miliar atau Rp 214,16 triliun, menjadikan IPO sebagai teknologi terbesar dalam sejarah. Zuckerberg menjadi orang terkaya ke-29 di dunia dalam semalam.

Saat ini, lebih dari 2 miliar orang terhubung ke Facebook. Menurut laporan, perusahaan menghasilkan miliaran dolar AS setiap kuartal dari pendapatan iklan di Facebook. Meskipun kaya raya, Zuckerberg tak gemar menunjukkan kemewahannya. Kemana-mana, ia mengenakan kaos abu-abu yang dipadukan dengan celana jeans, dan kadang jaket ber-hoodie.

Simak video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.