Sukses

Belum Punya Pengalaman Kerja? Begini Cara Bikin CV Menarik

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang masih berstatus sebagai fresh graduate, terjun ke dunia kerja menjadi satu hal yang tak mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda belum memiliki pengalaman kerja mumpuni yang bisa dibanggakan.

Meski begitu, bukan berarti seorang fresh graduate tidak bisa memikat perusahaan impian dengan CV yang dimilikinya. Ada beberapa trik yang bisa digunakan agar resume milik Anda bisa memikat hati para perekrut.

Berikut ulasannya melansir theguardian.com, Selasa (11/7/2017):

1. Fokus terhadap nilai yang Anda dapat, bukan pencapaian

Rata-rata fresh graduate berlomba-lomba untuk bisa membuat CV yang baik dengan memasukkan berbagai pengalaman yang didapat selama kuliah. Tak jarang, pengalaman tersebut justru kurang relevan dengan bidang pekerjaan yang ingin dilamarnya.

Akan lebih baik apabila Anda tidak terlalu fokus pada pencapaian, justru pusatkan perhatian pada nilai apa yang bisa Anda dapat. Dengan begini, pihak rekrutmen juga bisa menangkap kemampuan yang Anda punya dengan lebih baik.

2. Harus relevan

Jangan Anda kira bahwa satu CV bisa dipakai untuk semua lowongan pekerjaan. Justru, Anda harus bisa membuat CV Anda relevan dengan menyesuaikan CV dengan bidang pekerjaan yang ingin dilamar. Hal ini memang akan memakan waktu lebih banyak, tapi manfaat yang besar bisa Anda dapatkan.

3. Jelaskan pencapaian dengan data

Apabila sebelumnya Anda memiliki pengalaman organisasi atau duduk di posisi penting dalam organisasi, jangan ragu untuk menulis hal tersebut dalam CV.

Tapi satu yang harus diperhatikan, coba jabarkan pencapaian yang telah Anda dapatkan dengan data dan numerik. Ini bisa membuat pihak rekrutmen menilai Anda dengan lebih baik.

Simak video menarik di bawah ini:

Tampilan rapi

4. Tampilan rapi

Jika CV Anda berantakan, pihak perusahaan juga tidak memiliki minat untuk melihatnya lama-lama. Selalu gunakan tipe huruf yang bisa dibaca dengan baik, gunakan pula kalimat sopan dalam CV Anda.

5. Singkat, padat dan jelas.

Pihak perusahaan tidak memiliki waktu untuk membaca semua CV yang dikirim ke bagian HRD. Jadi, pastikan Anda tidak menulis CV dengan bertele-tele dan memakan banyak halaman kertas. CV yang optimal adalah sepanjang 1-2 halaman kertas.