Sukses

Pertamina Bangun Terminal BBM di Sukabumi

PT Pertamina (Persero) akan membangun Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) baru di wilayah‎ Sukabumi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) akan membangun Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) baru di wilayah‎ Sukabumi, Jawa Barat. Hal ini untuk mengurai beban TBBM Plumpang Jakarta.

Vice President Fuel Retail Marketing Jumali mengatakan, Pertamina saat ini sedang melakukan persiapan pembangunan TBBM Sukabumi, sudah mendapat izin dan membebaskan lahan.

"Itu rencana, yang sudah on progress itu TBBM, di Sukabumi," kata Jumali, di Kantor Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan ‎Gas Bumi (BPH Migas), Senin (3/7/2017).

Menurut ‎Jumali, selain membangun TBBM, Pertamina juga akan membangun jaringan pipa yang akan mengalirkan BBM dari TBBM Padalarang, Jawa Barat. TBBM tersebut mendapat pasokan BBM dari fasilitas pengolahan minyak (kilang) Cilacap.

"Sekarang masuk persiapan pipa. Kan ini pakai pipa dari Padalarang sampai Sukabumi, jadi lebih aman sekarang paling jauh kan Sukabumi," papar Jumali.

Rencananya pembangunan TBBM tersebut akan memakan waktu 3 sampai 4 tahun. Namun ketika ditanyakan besaran investasi Jumali tidak bisa menyebutkan.

Dia mengungkapkan, tujuan Pertamina membangun TBBM di Sukabumi adalah untuk mengurai beban TBBM Plumpang dan menjaga kelancaran penyaluran BBM, di wilayah sekitar Sukabumi yang selama ini di pasok dari ‎Plumpang.

"Intinya ya untuk Sukabumi, sebagian Bogor, sebagian Cianjur itu yang utama," tutup Jumali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini