Sukses

10 Negara Ini Diramal Memimpin Perdagangan Dunia, Ada RI?

Indonesia yang selalu menyandang status negara berkembang diramal akan naik kasta dan turut menjadi penentu perekonomian dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah prediksi mencengangkan datang dari dunia perekonomian. Prediksi ini menyebutkan bahwa bakal ada negara-negara baru yang akan menjadi raksasa perdagangan pada tahun 2050 mendatang.

Indonesia yang selalu menyandang status negara berkembang diramal akan naik kasta dan turut menjadi penentu perekonomian dunia.

Perekonomian tengah lesu dan membuat resah semua negara di dunia. Tiongkok yang digadang-gadang memiliki perekonomian paling stabil juga turut menunjukkan penurunan. Dan negara adidaya seperti Amerika Serikat masih terseok-seok dari carut-marut ekonomi dan politik yang berkepanjangan.

Angin segar pun mulai berhembus dari seorang ekonom kenamaan, Willem Buiter yang menyatakan bahwa krisis ekonomi akan segera berlalu. Bersama-sama dengan tim riset Citigroup, Willem memprediksi bakal ada 10 negara baru yang akan menjadi raksasa perdagangan di tahun 2050.

Berikut negara-negara yang akan menjadi bagian dari 10 perekonomian dunia, seperti dikutip Tunaiku:

10. Inggris

Sempat diterpa isu perekonomian yang cukup pelik, Inggris diprediksi akan bertahan di posisi kesepuluh raksasa perdagangan dunia.

Pasalnya, Inggris diprediksi akan mampu membukukan perekonomian global dengan angka yang fantastis. Pada 2050, 2,1 persen perekonomian dunia akan ada dalam genggaman Inggris dengan nilai US$ 6,02 triliun.

9. Singapura

Peningkatan cukup signifikan diperkirakan akan terjadi para perekonomian negara Singapura. Pada 2030, Singapura akan menguasai 2,7 persen perdagangan global dengan angka US$ 3,2 triliun. Belum lagi pada 2050 yang mencapai angka US$ 6,8 triliun atau sebesar 2,4 persen.

 

Simak video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hong Kong

8. Jepang

Persoalan ekonomi yang berkepanjangan tak membuat Jepang kehilangan kekuatannya. Pada 2050 mendatang, Jepang diperkirakan akan menempati posisi kedelapan dengan pangsa pasar 2,7 persen dan membukukan US$ 7,6 triliun. 

7. Hong Kong

Perekonomian Hong Kong akan merangkak naik dengan stabil. Prediksi Citigroup menyebutkan bahwa pada tahun 2050, nilai perdagangan Hong Kong mampu mencapai pangsa pasar hingga 2,3 persen dengan nilai US$ 8,5 triliun.

Sebelumnya, pada tahun 2030 diprediksi akan memiliki nilai perdagangan sebesar US$ 3,8triliun. Tak ada yang menduga bahwa Hong Kong yang tak masuk 10 besar pada 2010 ini mampu menempati posisi ketujuh di masa depan.  

6. Indonesia

Isi-isu perekonomian yang membuat cemas masyarakat akhir-akhir ini, ternyata berbanding terbalik dengan prediksi dari Citigroup. Perlahan tapi pasti, perekonomian Indonesia akan terus meningkat, bahkan akan menjadi salah satu raksasa perekonomian dunia di 2050.

Kita dapat mengantisipasi kenaikan perekonomian dengan nilai $8,8 triliun atau setara dengan 3,1 persen pangsa pasar dunia.

3 dari 4 halaman

Korea Selatan

5. Korea Selatan

Sumbangsih perekonomian Korea Selatan diramalkan akan mencapai 3,4 persen dengan nilai US$ 9,7 triliun. Peningkatan ini sangat dipengaruhi dengan keunggulan teknologi digital yang menjadi trademark Korea Selatan.

4. Jerman

Di antara negara Eropa lainnya, Jerman merupakan negara dengan perekonomian yang cukup stabil. Karenanya, jika negara ini masuk sebagai salah satu raksasa perdagangan dunia di masa depan tak lagi mengejutkan. Jerman disebutkan mampu menguasai 3,5 persen pangsa pasar dunia dengan nilai  US$ 9,9 triliun.

3. Amerika Serikat

Saat ini, Amerika Serikat masih menempati posisi teratas sebagai pemimpin perekonomian dunia. Namun, diperkirakan Amerika Serikat akan tergeser dari posisi atas dan harus puas dengan posisi ketiga.

Diprediksi Amerika Serikat akan menguasai total perdagangan sebesar US$ 19,1 triliun dengan pangsa pasar senilai 6,6 persen.

4 dari 4 halaman

India

2. India

Salah satu penentu tingkat perekonomian suatu negara adalah  populasi penduduknya. Diramalkan akan mengalahkan Amerika Serikat, India meraup pangsa pasar sebesar 9 persen dengan nilai perdagangan  US$ 25,7 triliun.

1. Tiongkok

Kekuatan perekonomian Tiongkok memang dianggap mengancam penguasa-penguasa perdagangan sebelumnya. Kenaikan yang cukup signifikan menunjukkan betapa besar geliat perekonomian negara dengan populasi terbanyak di dunia ini.

Bayangkan saja, pada tahun 2050 nanti pangsa pasar Tiongkok akan mencapai 18,2 persen dan akan membukukan US$ 52,2 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.