Sukses

Rute Alternatif Hindari Perlintasan Sebidang yang Bakal Ditutup

keempat perlintasan sebidang yang akan ditutup adalah Pejompongan, Pasar Minggu, TB Simatupang dan Pondok Kopi atau Penggilingan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya, dalam waktu dekat kembali akan melaksanakan penutupan empat perlintasan sebidang yang berada di Wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Adapun keempat perlintasan sebidang yang akan ditutup tersebut adalah perlintasan Jalan Pejompongan,  perlintasan Jalan Pasar Minggu, perlintasan Jalan TB. Simatupang dan perlintasan Pondok Kopiatau Penggilingan.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono menjelaskan, pemerintah berencana untuk menutup keempat perlintasan sebidang tersebut pada bulan Mei 2017.

"Penutupan perlintasan sebidang ini dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran perjalanan KA dan masyarakat pengguna jalan pada perlintasan antara jalur kereta api dengan jalan di wilayah Provinsi DKI Jakarta," kata dia, Rabu (8/3/2017).

Menyikapi rencana penutupan perlintasan Tahap I tersebut, pemerintah telah menyiapkan rute jalan alternatif yang dapat dilewati oleh para pengguna jalan.

Rute-rute tersebut, yaitu:

1. Penutupan perlintasan sebidang Jl. Pejompongan I

Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Tentara Pelajar/Palmerah yang akan berputar balik dan mengarah ke Selatan yaitu ke Jl. Tentara Pelajar/ Permata Hijau dipersilahkan berputar arah di Jl. Penjernihan sebelum SPBU.

2. Penutupan perlintasan sebidang Jl. Pasar Minggu

- Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Kalibata yang akan menuju ke Pasar Rebo turun melalui underpass melalui Jl. Tanjung Barat Raya

- Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Depok yang akan menuju Pasar Rebo berputar arah di depan Robinson Pasar Minggu turun melalui underpass atau berputar arah di depan Kementerian Pertanian.

3. Penutupan perlintasan sebidang Jl. TB. Simatupang

Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Depok yang akan menuju Pasar Rebo berputar arah di depan Robinson Pasar Minggu turun melalui underpass atau berputar arah di depan Kementerian Pertanian.

4. Penutupan perlintasan sebidang Pondok Kopi/Penggilingan

- Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. I Gusti Ngurah Rai/Cakung yang akan menuju Jl. Raya Penggilingan dan Jl. Sumarno memutar arah di depan stasiun Buaran naik melalui flyover

- Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Raya Penggilingan dan Jl. Sumarno menuju tol lingkar luar/timur naik ke flyover dan memutar arah di depan stasiun Buaran terus melalui Jl. I Gusti Ngurah Rai

- Pengguna jalan yang datang dari arah Jatinegara menuju Jl. Raya Penggilingan dan Jl. Sumarno naik melalui flyover.

“Sebelum dilaksanakan penutupan perlintasan sebidang tersebut, Pemerintah akan mengadakan uji coba penutupan terlebih dahulu. Uji coba ini akan berlangsung selama 1 bulan yang akan dimulai pada bulan April tahun 2017," imbuh Prasetyo.

Sebelum pelaksanaan uji coba penutupan tersebut, juga akan dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini