Sukses

4 Trik Memilih Asuransi Kesehatan Bagi Pemula

Asuransi kesehatan adalah sebuah asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan, jika pemegang polisnya sedang sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Jika ini adalah pertama kalinya Anda harus memilih asuransi kesehatan, maka sangat wajar jika Anda masih ragu dan kebingungan dalam memilih jenis asuransi kesehatan yang benar-benar cocok untuk Anda.

Ada beberapa jenis asuransi yang akan ditawarkan kepada Anda oleh pihak asuransi, maupun agen yang khusus untuk menawarkan produk tersebut, dengan berbagai jaminan yang akan membuat Anda lebih tenang.

Asuransi kesehatan adalah sebuah asuransi yang memberikan penggantian biaya kesehatan, jika pemegang polisnya sedang mengalami penyakit tertentu atau kecelakaan.

Besarnya penggantian tersebut disesuaikan dengan jumlah tagihan dari pihak rumah sakit, dengan batas limit tertentu, sesuai dengan asuransi yang diambil nasabah terkait.

Sebagai pemula, tentunya Anda ingin memilih produk asuransi yang tepat bukan, berikut ini adalah ulasan mengenai hal yang harus dilakukan saat memilih asuransi kesehatan untuk pertama kalinya seperti Cermati.com:

1. Pahami Kebutuhan Anda dengan Baik

Sebelum mengajukan asuransi, tentunya Anda harus memahami kebutuhan terlebih dulu. Kebutuhan tersebut adalah jumlah pertanggungan asuransi yang diharapkan. Sesuaikan dengan keadaan keuangan saat ini, karena  besarnya asuransi yang diperlukan setiap orang berbeda-beda.

Jika tidak memiliki waktu untuk melakukan perhitungan tersebut, mintalah bantuan kepada pihak yang ahli dalam bidang asuransi. tanyakan bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda.

2. Menyesuaikan Anggaran

Anda mungkin sudah tahu bagaimana sistem yang berjalan dalam asuransi, sekalipun itu adalah asuransi kesehatan. Di sana, ada premi yang harus Anda bayarkan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan memilih premi yang terlalu besar, jika memang tidak sesuai dengan keadaan finansial yang ada.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan plafon dan premi dalam asuransi kesehatan tersebut. Biasanya, semakin mahal harga kamar rumah sakit yang digunakan, untuk dirawat selama sakit, juga akan semakin mahal preminya. Pastikan benar-benar sesuai kebutuhan saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perusahaan Asuransi

3. Kenali Reputasi Perusahaan Asuransi Terkait

Pastikan untuk memilih asuransi kesehatan dari pihak asuransi yang memiliki reputasi terbaik dan dapat dipercaya.  Ini untuk selalu menghadirkan rasa aman dan nyaman untuk nasabahnya, selama menggunakan asuransi tersebut.

Kenali perusahaan asuransi yang hendak dipilih, dan cari tahu mengenai perusahaan tersebut dengan terperinci. Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari.

4. Perhatikan Layanan Klaim yang diberikan

Setelah memilih asuransi kesehatan yang baik reputasinya, pastikan juga bahwa fasilitas yang ditawarkan oleh pihak terkait benar-benar membantu Anda.

Jika asuransi tersebut dapat menerima klaim dari mana saja, bukan hanya dari rumah sakit, bisa dipastikan ini adalah jenis asuransi yang terpercaya, karena memudahkan Anda untuk dirawat di mana saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.