Sukses

Pemerintah Lelang 6 Wilayah Kerja Panas Bumi pada 2017

Kementerian ESDM bersama pemerintah daerah sedang menyusun panitia lelang enam wilayah kerja panas bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melelang enam Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dengan total potensi dapat menghasikan listrik 330 Mega Watt (MW).

Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM‎ Yunus Saefulhak mengatakan, saat ini Kementerian ESDM bersama Pemerintah daerah sedang menyusun panitia lelang enam WKP yang akan dilaksanakan 2017.

"2017 diharapkan sedang melakukan permintaan panitia. Panitia terdiri dari panitia pusat daerah provinsi. Supaya hasilnya acceptable‎," kata Yunus, di Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Enam WKP yang akan dilelang adalah Telaga Ranu Maluku Utara berkapasitas 5 MW, Sekincau Lampung berkapasitas 110 MW, Oka Ile Ange berkapasitas  10 MW, Kapahiang Bengkulu berkapasitas  110 MW,  Gerandong Aceh berkapasitas 55 MW dan Pandan Jawa Timur 40 MW.

Yunus mengungkapkan, setelah panitia lelang terbentuk, akan diterbitkan Surat Keputusan Menteri ESDM sebagai payung hukum melakukan lelang enam WKP tersebut. Kemudian lelang akan dimulai April 2017.

"Kemudian setelah panitia lelang jadi. Awal tahun SK menteri dibuat. Bulan April akan dimulai lelang periode 2017," tutur Yunus.

Yunus mengungkapkan, WKP pihaknya melakukan verifikasi detil perusahaan peserta lelang dalam lelang WKP. Langkah itu untuk memastikan kemampuan perusahaan dalam mengembangkan WKP jika menjadi pemenang lelang.

"Karena ini bukan lelang barang ya. Ini lelang investasi. Agak lama empat bulan cek verifikasi. Apakah duitnya benar tidak, pernyataannya bener atau tidak. Jadi yang punya duit mereka bukan pemerintah," tutur Yunus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.