Sukses

11 Negara Ini Memiliki Kejahatan Terorganisir Terburuk di dunia

Pemerasan, pencurian dan kejahatan pada publik menjadi faktor-faktor yang dapat merusak sebuah kepercayaan atau kondisi negara.

Liputan6.com, New York - The World Economic Forum (WEF) merilis laporan kompetitif setiap tahunnya. Laporan tersebut mengenai data-data kesehatan ekonomi dan institusi setiap negara.

Salah satunya yaitu eksistensi kriminal dimana-mana. Pemerasan, pencurian dan kejahatan pada publik menjadi faktor-faktor yang dapat merusak sebuah kepercayaan atau kondisi negara.

Ada 11 negara OECD (Organisation of Economic Cooperation and Development) yang terburuk dari 34 dalam kejahatan yang direncanakan. Semakin rendah posisi WEF yang diberi, semakin buruk kondisi negara tersebut dalam kejahatan yang direncanakan tersebut.

Berikut 11 negara dengan kejahatan terencana terburuk di dunia seperti dilansir dari Businessinsider.com pada Minggu (13/11/16).

11. Yunani

Negara ini menjadi negara yang memiliki industri perkapalan terbesar di Eropa. Dengan besarnya industri tersebut dan sangat dekat dengan Asia, negara ini berpeluang terjadinya penyelundupan.

10. Prancis

Perancis menjadi negara terburuk selain negara Eropa lainnya seperti Spanyol, Inggris dan Jerman. Mafia Korsika suatu hari terlibat dalam perdagangan heroin ke Amerika Serikat, atau disebut sebagai the French Connection.

9. Israel

Negara ini mengalami lonjakan mafia dari Rusia dan mendorong kegiatan imigrasi dari negara tersebut setelah runtuhnya Uni Soviet. Figur penting seperti Zeev Rosenstein dan Itzhak Abergil telah diserahkan ke Amerika Serikat.

Jerman


8. Jerman

Kejahatan secara terorganisir telah menjadi hal yang umum di negara ini. Contohnya gelombang para migran menjadi sasaran empuk bagi beberapa geng di Jerman. Geng itu pun melakukan perekrutan untuk pemuda sebagai penjual narkoba dan pelari.

7. Korea Selatan

“Kkangpae”, sebutan geng di Korea Selatan sudah menyebar di negara ini. Seperti Yakuza di Jepang, mereka pun memiliki tato yang memperkenalkan afiliasinya.

6. Amerika Serikat

Meskipun kekayaannya yang melimpah, negara ini berada di posisi ke-70 untuk kejahatan terorganisir.

5. Slovakia

Negara ini menjadi negara kedua terburuk dengan kejahatan terorganisir di Eropa. Tiga daftar asosiasi kejahatan terorganisir telah diketahui di negaranya.

Turki

4. Turki

Sebagai pintu masuk ke Eropa, negara ini diprediksi menjadi rute perdagangan narkoba dari Timur, dimana mafia di negara ini menjadikan hal tersebut sebagai keuntungan. Kejahatan negara ini pun terjadi di London, sehingga negara tersebut menempati posisi ke-77.

3. Hungaria

Negara yang pernah mengalami sistem komunis ini pun pernah mengalami lonjakan kejahatan di tahun 90an. Contohnya beberapa geng di Hungaria memanfaatkan kurangnya ketertiban di negara dan timbulnya secara tiba-tiba aktivitas komersil besar-besaran.

2. Italia

Negara yang dikenal sebagai lumbung mafia ini menjadi negara dengan kejahatan terorganisir terburuk di Eropa. Negara ini menduduki posisi ke-122 dari 138.

1. Meksiko

Dikenal dengan kartel yang penuh kekerasan, beberapa kartel membawa Meksiko ke tepian perang sipil. Tetapi Honduras, Venezuela dan El Salvador memiliki hal terburuk di bidang indeks keamanan dibandingkan dengan Meksiko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini