Sukses

Biaya Nikah Kurang, Amankah Pakai Kartu Kredit?

Kartu kredit bisa membantu dalam persoalan finansial. Termasuk saat Anda kurang dana untuk membiayai pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kartu kredit masih menakutkan bagi sebagian orang karena kekhawatiran terjerat utang. Namun jika Anda bijak dan paham cara menggunakannya, kartu kredit bisa sangat membantu dalam persoalan finansial. Termasuk saat Anda kurang dana untuk membiayai pernikahan.

Namun agar tidak jadi beban setelah pesta selesai, Anda harus paham rambu-rambu dalam menggunakan kartu kredit untuk tambahan biaya pernikahan. Apa saja aturannya? Berikut ulasannya seperti dikutip dari CekAja.com:

Jangan gunakan untuk transaksi besar

Meskipun Anda punya kartu kredit Platinum yang limitnya puluhan juta, sebaiknya jangan digunakan untuk membayar gedung. Jika biaya sewa gedung mencapai Rp 10 juta-Rp 30 juta, bayangkan berapa bunga yang harus Anda tanggung jika terlambat melunasi, atau membayar tagihan dalam jumlah minimum.

Jangan pula gunakan kartu kredit untuk membayar catering, karena biasanya katering memakan biaya paling besar dari anggaran. Tidak masalah menggunakan kartu kredit untuk membayar uang muka gedung atau katering, misalnya sebesar Rp 5 juta.

Tapi sebelum menggunakannya, Anda harus sudah menyiapkan dana untuk membayar pelunasannya. Hal ini agar pengeluaran tetap sesuai dengan kemampuan dan bujet. (Baca juga: Cara Kreatif Kumpulkan Uang Bersama Pasangan untuk Biaya Pernikahan)

Bisa digunakan untuk membeli cincin pernikahan

Kalau tidak sanggup menyewa gedung karena harganya mahal, Anda bisa menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah. Atau kalau masih tetap ingin menikah di gedung, masih banyak gedung dengan harga sewa murah yang pembayarannya bisa langsung Anda lunasi.

Namun kesibukan memilih gedung dan vendor seringkali membuat calon pengantin melupakan hal yang tergolong penting yakni menyiapkan cincin pernikahan!

Tidak salah menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan satu ini. Cek apakah kartu kredit Anda bekerja sama dengan toko perhiasan untuk mendapatkan cicilan 0 persen atau bahkan diskon.

Kunjungi juga pameran pernikahan karena biasanya di sana vendor perhiasan menggelar pameran dengan dengan kerja sama dengan bank. Tips paling penting, jangan memaksakan membeli emas atau paladium kalau bujet kurang. Cincin perak juga tidak kalah cantik kok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

diskon dan promo kartu kredit

Gunakan diskon dan promo kartu kredit

Tidak hanya toko perhiasan yang sering bekerja sama dengan penerbit kartu kredit. Desainer, dan gedung (terutama yang berada di hotel) pun sering memberikan keistimewaan bagi pemilik kartu kredit tertentu.

Untuk seserahan seperti pakaian, sepatu, makeup, dan perawatan tubuh, cek brand mana yang memberikan diskon untuk kartu kredit yang Anda miliki. Dibandingkan membayar tunai, justru menggunakan kartu kredit untuk keperluan ini bisa membuat Anda hemat lebih banyak.

Manfaatkan reward untuk tiket pesawat dan hotel bulan madu

Setelah lelah mengurus pesta pernikahan, momen bulan madu menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu oleh pengantin baru. Jangan sampai Anda gagal bulan madu karena semua dana sudah dihabiskan untuk pesta pernikahan.

Anda dan pasangan bisa tetap bulan madu dengan menukar poin reward kartu kredit dengan airmiles untuk mendapatkan tiket pesawat gratis.

Kalau tidak punya jatah cuti untuk berlibur ke tempat yang jauh, menginap di hotel-hotel terdekat di kota sendiri bisa jadi alternatif. Jangan lupa cek hotel apa saja yang menawarkan diskon khusus bagi pengguna kartu kredit. (Baca juga: Tips Memilih Vendor Pernikahan untuk Wujudkan Pernikahan Impian)

3 dari 3 halaman

Pastikan membayar tagihan

Pastikan membayar tagihan

Terakhir dan paling penting, jangan lupa membayar tagihan. Dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi, berarti Anda sudah mengerti bahwa ada biaya-biaya lain yang harus dibayar seperti uang materai, asuransi utang, dan tentu saja bunga.

Oleh karenanya, buat target pelunasan sehingga Anda bisa menghitung perkiraan bunga yang harus dibayar. Usahakan untuk melunasi tagihan tidak lebih dari enam bulan.

Ingat bahwa kebutuhan Anda ke depannya masih banyak,  misalnya membeli rumah atau kendaraan impian. Sebagai penganti baru, keinginan tersebut bisa tetap terwujud tanpa diganggu oleh utang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini