Sukses

Pelindo II Incar Dana Rp 6 Triliun dari IPO 3 Anak Usaha

Pelindo II akan lepas saham satu anak usaha pada tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelindo II akan segera melepas saham anak usahanya ke publik. Tiga anak perusahaan itu yakni PT Jasa Armada Indonesia (JAI), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), dan PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP).

Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, pelepasan saham anak usaha ini dilakukan secara bertahap. Pada tahun depan, perusahaan akan melepas saham satu anak perusahaan terlebih dahulu.

"Tahun depan akan initial public offering (IPO) anak perusahaan, yang kita pakai pengembangan pelabuhan," kata dia di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Minggu (6/11/2016).

Namun begitu, dia belum bisa memastikan anak usaha mana yang akan dilepas sahamnya terlebih dahulu. Dia bilang, anak perusahaan tersebut sedang dalam pembenahan pra pelepasan saham.

"Sekarang tahap pembenahan perusahaannya. Untuk IPO harus bereskan, tahun depan paling tidak satu IPO," kata dia.

Dia menuturkan, dari pelepasan saham tiga anak usaha atau IPO  tersebut perseroan mengincar dana sekitar Rp 4,5 triliun-Rp 6 triliun. "Kita perkirakan Rp 4,5 triliun sampai Rp 6 triliun tiga-tiganya," ujar dia.

Hasil dana pelepasan saham akan digunakan untuk investasi pengembangan pelabuhan seperti di Sorong dan Kijing. Selain itu, untuk meningkatkan tata kelola anak usaha. "Untuk satu GCG untuk anak usaha," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini