Sukses

Kalahkan Jack Ma, Wang Jianlin Jadi Orang Terkaya di China

Jumlah miliarder terkaya di China lebih banyak ketimbang Amerika Serikat.

Liputan6.com, Beijing - Laporan daftar orang kaya China menunjukkan kalau China memiliki lebih banyak miliarder ketimbang Amerika Serikat (AS). Jarak tersebut semakin melebar.

Berdasarkan laporan Hurun, salah satu penerbit yang merilis daftar orang kaya China menyebutkan kalau total miliarder di China mencapai 594. Sedangkan AS hanya 535 miliarder.

Pada posisi teratas ditempati oleh Wang Jianlin. Total kekayaannya mencapai US$ 32,1 miliar. Di urutan kedua, pemilik Alibaba Jack Ma menempati posisi tersebut. Kekayaannya naik dari 41 persen pada tahun lalu. Total kekayaan mencapai US$ 30,6 miliar.

Perusahaan Wang Jianlin, Dalian Wanda telah menarik perhatian publik seiring masuk ke pasar film AS. Dalian Wanda mengambilalih Legendary Pictures yang merupakan jaringan film di Inggris dan AS.

Kemudian disusul Pony Ma dengan kekayaannya US$ 24,6 miliar. Kekayaannya didapatkan dari usaha internet dan raksasa game online Tencent.

Adapun kenaikan jumlah kekayaan terbesar diraih oleh Yao Zhengua, perusahaan properti dan investai Grup Baoneng. Total kekayaannya naik 820 persen menjadi US$ 17,2 miliar. Total kekayaannya itu menempatkan dirinya di posisi keempat.

"Model kekayaan Yao mereprentasikan penciptaan kekayaan baru di China. Mencetak uang pada 20 tahun lalu datang dari usaha perdagangan, diikuti manufaktur dan properti serta teknologi informasi. Saat ini menggunakan pasar modal dengan investasi," ujar Chairman Hurun Rupert Hoogewerf seperti dikutip dari laman BBC, Jumat (14/10/2016).

Kemudian di posisi delapan dipegang oleh Robin Li dan Melissa Ma yang memiliki mesin pencari Baidu. Kekayaannya mencapai US$ 14,7 miliar.

Sementara itu, pendiri Xiaomi Lei Jun turun peringkat dari masuk 10 besar menjadi 14. Hal itu lantaran kompetisi usaha smartphone yang ketat di China.

Adapun miliarder China sebagian besar tinggal di Beijing, diikuti di Shenzhen, Shanghai dan Hangzhou. Laporan Hurun sering kali dibandingkan rilis daftar orang terkaya Forbes asal Amerika Serikat. Laporan daftar orang kaya China telah dipublikasi selama 18 tahun.

Sementara itu, secara global dari daftar Forbes, orang terkaya di dunia dipegang oleh Bill Gates dengan kekayaan US$ 75 miliar, diikut Amancio Ortega pemilik Zara, dan legenda investor Warren Buffett. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.