Sukses

Lantik Kepala Badan Geologi, Ini Permintaan Menko Luhut

Plt Menteri ESDM Luhut Panjaitan melantik Ego Syariah sebagai Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM gantikan Surono.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi Sumber Daya Mineral yang juga menjabat sebagai Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melantik Ego Syahrial sebagai Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM menggantikan posisi Surono yang telah pensiun.

Luhut meminta Ego meniru profesionalitas Surono yang akrab disapa Mbah Rono‎ untuk memimpin Badan Geologi yang akrab dengan masalah gunung berapi dan gempa bumi.

"Mbah rono beliau memang fenomenal saya minta Anda (Ego Syahrial), profesional seperti Pak Surono," kata Luhut, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Luhut pun mengenang pernah melakukan kerja sama dengan Surono dalam penanganan erupsi gunung Sinabung‎ di Sumatera Utara. Berdasarkan perkiraan Badan Geologi erupsi Gunung Sinabung tidak akan berhenti sampai 10 tahun.

Karena itu, dibuat kebijakan dalam radius 5 Kilometer (Km) dari gunung tersebut harus steril dan warga yang bermukim dalam radius tersebut dipindahkan secara permanen. "Dia (Mbah Rono) menjelaskan detil. Kami membuat kebijakan radius 5 km untuk dipindahkan," tutur Luhut.

‎Luhut pun ingin Badan Geologi bisa berkembang menjadi Badan Geologi skala internasional di bawah kepemimpinan Ego. Untuk mewujudkannya kerja tim baik dan tidak berpolitik yang akan menciptakan perpecahan organisasi.

Selain itu, Ego diminta mengumpulkan masalah yang sudah lama belum diselesaikan dalam lembaga tersebut. Kemudian mencari solusi untuk mengatasi permasalahan.

"Saya tidak ingin di jajaran ini ada yang berpolitik. Kalau mau berpolitik silakan masuk partai politik tapi jangan di sini silakan tunjukkan profesionalnya kita buat tim bagus," tutur Luhut. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini