Sukses

Gebrakan Menteri ESDM Wujudkan Kedaulatan Energi di RI

Menteri ESDM Archandra Tahar akan melakukan transformasi pada instansi yang baru dipimpinnya untuk mencapai kemandirian bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar akan melakukan transformasi pada instansi yang baru dipimpinnya untuk mencapai kemandirian bangsa melalui kedaulatan energi.

Tahar mengatakan, transformasi pada kementerian ESDM merupakan keharusan. Transformasi tersebut akan dilakukan pada program-program yang masih terkendala meliputi Undang-Undang (UU), birokrasi dan hubungan antar lembaga.

‎"Menurut hemat saya transformasi sektor ESDM suatu keharusan bukan pilihan," kata Tahar, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Tahar mengungkapkan, tranformasi tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan cita-cita membangun kemandirian bangsa melalui kedaulatan energi untuk menghadapi persaingan antar negara dan antar negara kawasan.

Archandra Tahar akan mengambil sejumlah langkah untuk mewujudkan transformasi itu. Pertama untuk mencapai cita-cita tersebut adalah menjamin sumber daya alam  dikelola dengan memaksimalkan manfaatnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Kedua menjamin kedaulatan energi baik dari segi pengelolaan suplai maupun ketersediaannya untuk masyarakat Indonesia.

Ketiga, menjamin investasi baik berasal dari dalam dan luar negeri berjalan sesuai dengan hukum dan perundangan sehingga bisa menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lewat kerjasama yang saling menguntungkan.

"Saat ini kita dalam era setiap negara berlomba menarik investor untuk menanamkan modalnya berbagai macam insentif baik dari segi fiskal maupun perpajakan maupun kemudahan usaha," tutur Tahar. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini