Sukses

Kemenkeu: Keputusan Kondisi Krisis Tetap di Tangan Presiden

Kementerian keuangan menyatakan rekomendasi dari Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) tak bersifat mengikat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan penerbitan Undang-Undang (UU) Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (UU PPKSK) tidak mengubah kewenangan Presiden dalam menentukan suatu kondisi krisis ekonomi.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Suahasil Nazara mengatakan, penetapan suatu kondisi ekonomi tengah dalam masa krisis atau tidak tetap merupakan kewenangan Presiden. Lantaran penetapan tersebut melibatkan keputusan politik.

"Presiden pemegang mandat politik, dan pertanggungjawaban krisis juga sebagian adalah pertanggungjawaban politik," ujar dia di Jakarta, Kamis (23/6/2016).


Dia mengungkapkan, dalam UU tersebut mengatur rekomendasi dari Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). Komite ini terdiri dari Kemenkeu, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Namun semua keputusan terkait krisis tetap berada di tangan Presiden, setelah mendapat rekomendasi dari KSSK.

"KSSK memang merekomendasikan perkembangan ekonomi berdasarkan mandatnya masing-masing. BI dari kajian moneter, Kemenkeu dari kajian fiskal, OJK dari pengawas sektor keuangan dan LPS untuk resolusi bank," kata dia.

Meski demikian, lanjut Suahasil, rekomendasi dari KSSK ini tidak bersifat mengikat. Artinya, Presiden bisa saja mengambil keputusan berbeda dengan rekomendasi oleh KSSK terkait kondisi krisis.

"Apakah Presiden bisa berbeda suara? Saya harus katakan ya. Jadi Presiden bisa saja memiliki pandangan yang berbeda," ujar dia. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini