Sukses

Pemerintah Masih Pikir-pikir Impor Bahan Pokok Saat Ramadan

Beberapa bahan pokok di pasar tradisional belakangan mengalami peningkatan harga. Misalnya harga bawang merah, bawang putih, daging sapi.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Ramadan, beberapa harga bahan pokok mulai mengalami lonjakan harga. Pemerintah juga tengah menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi hal ini.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menilai pemerintah belum perlu mengambil langkah besar dalam menanggulangi permasalahan ini, tak terkecuali dengan opsi tambahan impor beberapa bahan pangan. Karena kebutuhan bahan pokok saat Ramadan tidak mengalami banyak perubahan.

"Bulan Ramadan itu kebutuhan pokok itu tidak banyak berubah sebenarnya kecuali menjelang Lebaran. Itu pun, itu terbatas juga yang masalah, apakah itu daging, ayam, telor atau yang dibutuhkan secara bersamaan," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Menurut JK, saat Ramadan kebutuhan pangan Indonesia sebenarnya cenderung menurun. Orang yang biasa makan 3 kali sehari berubah menjadi 2 kali saat sahur dan berbuka puasa saja.

Meski begitu, pemerintah tidak menutup kemungkinan adanya impor beberapa bahan pokok. Yang paling mungkin diimpor adalah daging untuk memenuhi kebutuhan terutama jelang lebaran. "Kalau di Lebarannya biasanya. Daging itu aja yang paling mungkin," imbuh JK.

Sejauh ini, kata JK, yang bisa dilakukan pemerintah yakni menambah produktifitas dan menjamin ketersediaan bahan pokok dalam negeri cukup untuk menghadapi Ramadan dan Idul Fitri. Kalau pun tidak cukup barulah diputuskan untuk impor.

"Menambah supply dari dalam negeri atau pun kalau memang dibutuhkan ya dari luar (impor)," pungkas JK.

Beberapa bahan pokok di pasar tradisional belakangan mengalami peningkatan harga. Misalnya harga bawang merah, bawang putih, daging sapi, cabai, telur, minyak goreng, dan komoditas lainnya. Hanya saja yang paling terasa ada pada harga daging sapi.

Daging sapi naiknya sudah Rp 10 ribu per kilogram (kg) dari harga sebelumnya Rp 120 ribu per kg menjadi Rp 130 ribu setiap kilo sekarang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.