Sukses

Sambut Libur Panjang Tiket KA Ludes, Ini yang Masih Tersisa

Menjelang libur panjang (long weekend) yang jatuh pada tanggal 25-27 Maret 2016 ini sejumlah KA tujuan Jawa hampir habis terjual

Liputan6.com, Jakarta Menjelang libur panjang (long weekend) yang jatuh pada tanggal 25-27 Maret 2016 ini sejumlah KA tujuan Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah mayoritas habis terjual.

Berdasarkan data yang diperoleh sampai Selasa (22/3), KA untuk keberangkatan pada tanggal 24 Maret hanya tinggal KA Argo Jati dan Cirebon Ekspress (Jakarta - Cirebon), serta Argo Parahyangan (Jakarta - Bandung) - keberangkatan dari Stasiun Gambir - yang masih tersisa.

Sedangkan untuk KA keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pada tanggal 24 Maret hanya tinggal KA Menoreh (Jakarta - Semarang) dan Tegal Ekspress (Jakarta - Tegal) yang masih tersisa.

 

"Ketersediaan kursi di KA-KA tersebut sekitar 30 persen dari total tempat duduk yang dijual,"‎ kata Senior Menjer Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta Bambang S Prayitno, Rabu (23/3/2016).

Sedangkan untuk KA-KA keberangkatan pada hari Jumat (25/3) masih banyak tersedia, di antaranya Argo Sindoro (Jakarta - Semarang), Argo Jati dan Cirebon Ekspress (Jakarta - Cirebon), Argo Anggrek Malam, Sembrani, dan Bangunkarta (Jakarta - Surabaya), Purwojaya (Jakarta - Cilacap), Tegal Bahari (Jakarta - Tegal), serta Argo Parahyangan (Jakarta - Bandung)‎.

Jumlah ketersediaan tempat duduk KA-KA keberangkatan dari stasiun Gambir tersebut masih di atas 50 persen dari total yang tersedia.

Untuk KA keberangkatan dari stasiun Pasar Senen pada tanggal 25 Maret, hanya KA Majapahi (Jakarta - Malang), KA Menoreh (Jakarta - Semarang), serta KA Gumarang (Jakarta - Surabaya) yang masih tersedia. Kisaran ketersediaan tempat duduk untuk KA Menoreh bahkan masih 90 persen dari total kapasitas.

Sedangkan untuk KA keberangkatan tanggal 26 dan 27 Maret, hanya KA Matarmaja, Gaya Baru Malam, Brantas, Kertajaya, Bengawan, Progo, dan Tawang Jaya yang sudah habis terjual. Namun untuk yang lain masih tersedia.

"Data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, dikarenakan online ticketing, pastikan pemesanan tiket sesuai identitas bagi yang akan bepergian, dan jika identitas tidak sesuai maka tiket dinyatakan tidak berlaku," tambah Bambang.

Selain itu, Bambang juga meminta kepada calon penumpang untuk memastikan jadwal keberangkatan dan tanggal keberangkatan KA dan pertimbangkan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun keberangkatan KA.

Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, Bambang menyarankan agar menghindari membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen. Pastikan reservasi melalui agen atau layanan resmi yang bekerjasama dengan PT KAI.

Tak kalah penting, Bambang mengingatkan, bagi penumpang yang membawa barang bagasi wajib mematuhi ketentuan yakni berat maksimal bagasi untuk tiap penumpang yakni 20 Kg dengan volume maksimum 100 dm3 (70cm x 48cm x 30cm).

Apabila melebihi ketentuan, maka penumpang akan dikenakan tarif atas kelebihan berat bagasi sebesar Rp 10.000/kg (eksekutif). Sedangkan untuk kelas bisnis dan ekonomi tarif kelebihan berat bagasi sebesar Rp 6.000/kg dan Rp 2.000/kg. Di samping itu semua penumpang wajib melakukan pemeriksaan bagasi di stasiun. (Yas/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.