Sukses

5 Kebiasaan Hidup Untuk Jadi Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Ada sekitar 35 juta orang yang termasuk kategori miliarder di dunia. Jurnalis The Washington Post Robert J Samuelson menyebut, angka itu sekitar lima persen dari populasi orang dewasa di Amerika Serikat. "Langka, ya. Eksklusif, tidak," katanya seperti ditulis Inc.com, Minggu (6/2/2016).

Angka miliarder terus merangkak naik dari tahun ke tahun. Hal itu membuktikan kalau siapa saja bisa menjadi orang kaya, tergantung bagaimana melakukannya. Berikut lima cara menjadi kaya:

1. Hidup di bawah kebutuhan

Banyak barang mewah yang bisa dibeli hanya untuk membuktikan status seseorang. Akan tetapi semua itu hal percuma.

Investor Warren Buffet adalah contoh klasik. Ia membeli rumah seharga US$ 32 ribu pada 1958 dan masih menempati sampai saat ini. Ia juga tidak suka membeli barang mewah.

2. Jangan membayar penuh

Banyak orang kaya yang memilih membeli barang di supermarket biasa ketimbang toko yang eksklusif. Bahkan beberapa dari mereka tidak malu untuk membeli barang bekas melalui eBay.

3. Hapus pengeluaran yang tidak perlu

Buat anggaran pengeluaran bulanan dengan detail, lalu Anda perlu menganalisa semuanya. Pengeluaran tidak perlu harus dihapus. Dengan memantau terus pengeluaran ini maka Anda bisa melihat ke mana aset berada.

4. Sewa atau jual barang yang tidak dipakai

Baju, kamar, peralatan elektronik semua bisa menjadi uang saat ini. Banyak situs elektronik dagang membantu Anda untuk menjual atau menyewa barang-barang tersebut.

5. Tinggalkan uang tunai dan kartu kredit di rumah

Langkah ini membantu Anda untuk terhindar dari membeli barang mahal dan tidak perlu. Buat daftar belanja dengan benar dan bawa uang sesuai dengan nilai tersebut. Anda perlu tahu kalau tidak bisa membayar dengan uang tunai dan memilih kartu kredit maka sebenarnya Anda tidak mampu membeli barang tersebut.

(Elsa Analet/Ahm)

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman