Sukses

Mau Cepat Dapat Kerja? Cantumkan 7 Hal Ini di CV Anda

Banyak kandidat pencari kerja yang tidak juga mendapat pekerjaan karena CV yang tidak sesuai.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang bilang bahwa CV merupakan gerbang awal pencitraan diri Anda terhadap calon perusahaan. Banyak kandidat pencari kerja yang tidak juga mendapat pekerjaan yang mereka inginkan dikarenakan CV mereka tidak sesuai dengan apa yang perusahaan tersebut inginkan.

Hal apa sajakah yang seharusnya harus ada dalam sebuah CV lamaran kerja? Berikut ulasannya dari laman Business Insider, Kamis (4/2/2016):

Informasi kontak

Hal ini memang terdengar sederhana, namun seringkali ada beberapa kandidat pelamar yang lupa untuk mencantumkan hal ini pada CV yang mereka miliki.

Pastikan Anda memasukkan informasi dasar mengenai diri Anda di bagian awal CV. Informasi dasar ini seperti nama, nomor telefon yang bisa dihubungi, alamat email serta alamat website referensi lain yang dapat dijadikan acuan HRD untuk mengetahui Anda lebih jauh.

Jabatan professional

Menyertakan jabatan professional seperti ‘Senior Marketing Manager’ atau ‘Sales Executive’ dibawah nama Anda akan dapat mempermudah HRD mengenali Anda.

Selain itu, jabatan professional juga dapat berguna untuk memperlihatkan posisi apa yang sebenarnya Anda cari dalam perusahaan tersebut.

Deskripsi kerja

Sangat penting bagi Anda untuk menuliskan deskripsi pekerjaan Anda sebelumnya dalam CV. Hal ini dimaksudkan agar pihak HRD mengerti betul mengenai seluk beluk pekerjaan yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya?

Penghargaan dan pencapaian

Untuk memudahkan CV Anda ditelisik dan menagkap perhatian HRD, Anda dapat menuliskan beberapa penghargaan dan pencapaian kerja yang selama ini Anda dapatkan.

Apa yang sudah Anda lakukan untuk membantu pertumbuhan departemen tempat Anda bekerja sebelumnya? Sampaikan hal tersebut secara gambling dan mendetail di CV Anda.

Narasi karier

Di bagian atas tempat Anda menaruh data pribadi, sertakan pula narasi mengenai pekerjaan yang sudah Anda pernah lakukan sebelumnya. Narasi ini nantinya akan berguna untuk membantu pihak HRD mengetahui dengan lebih cepat riwayat pekerjaan yang pernah Anda kerjakan sebelumnya.

Sertifikasi

Jika Anda sudah memiliki sertifikasi di bidang yang relevan dengan posisi kerja yang ingin Anda ambil sekarang, jangan lupa untuk menyisipkan hal tersebut pada resume Anda.

Tautan berguna

Jika Anda senang menulis di blog personal Anda ataupun memiliki halaman professional lain seperti Linkedin, Anda dapat menaruhnya pada halaman CV Anda. Ini nantinya dapat berguna bagi HRD untuk memberikan informasi lebih banyak mengenai Anda. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini