Sukses

4 Strategi Atur Keuangan Bareng Pasangan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Dalam suatu hubungan perlu uang untuk bertahan hidup. Jika Anda dan pasangan tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, hal tersebut akan menimbulkan masalah untuk hubungan Anda.

Seperti dilansir dari cheatseet.com, Minggu (10/1/2015), sebuah survei keuangan menemukan sekitar 70 persen dari pasangan suami istri bertengkar gara-gara membahas soal uang.

Uang menjadi pemicu utama pertengkaran dalam rumah tangga. Untuk itu dibutuhkan strategi jitu agar uang tak jadi perusak hubungan asmara Anda.

Berikut empat hal yang dapat Anda pelajari dalam mengatur keuangan rumah tangga Anda agar semakin harmonis bersama pasangan:

1. Membuat anggaran rumah tangga

Ketika sudah hidup berumah tangga, Anda wajib menyusun anggaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di rumah.

Dengan begitu, semua pengeluaran Anda lebih terarah. Bahkan, Anda juga bisa menabung karena tidak perlu membeli barang yang tak penting.

Setelah anggaran disusun berdiskusilah dengan pasangan Anda, mengenai rencana pengeluaran bulanan keluarga. Dengan berdiskusi terbuka, Anda bisa mencari solusi dan bisa memperkuaat ikatan Anda.

2. Mengambil keuntungan dari diskon

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, Anda harus berhemat. Untuk itu, optimalkan promo atau diskon belanja yang ditawarkan toko langganan Anda.

3. Berbagi rahasia keuangan

Sebuah survei oleh lembaga asuransi jiwa menemukan bahwa, satu dari lima orang bersembunyi dari utang. Untuk mencegah agar tidak ada utang, sebaiknya Anda membicarakan rahasia keuangan bersama pasangan. Agar pasangan Anda dapat membantu memecahkan masalah keuangan Anda.

4. Belajar untuk berkompromi

Pasangan Anda mungkin memiliki barang dari merek terfaforit. Agar tidak menjadi pemborosan, buatlah kesepakatan dengan pasangan untuk membeli barang tersebut di waktu-waktu tertentu. (Apr/Ndw)

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid