Sukses

Registrasi Pakan Ikan Mandiri Bakal Digratiskan pada 2016

Kementerian Kelautan dan Perikanan siapkan Rp 120 miliar untuk peningkatan pakan ternak ikan mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan memprogramkan untuk menggratiskan proses registrasi pakan ikan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto‎ menjelaskan, penggratisan registrasi pakan ini merupakan ‎langkah pemerintah untuk mendukung kesejahteraan para pengusaha pakan ikan mandiri di Indonesia.

"Selama ini untuk registrasi butuh biaya sekitar Rp 2 juta, besok tidak lagi, gratis, ini mulai tahun depan‎," kata di Slamet Soebjakto di kantornya, Selasa (8/12/2015).

Slamet menambahkan, proses registrasi yang selama ini harus dilakukan dengan mengisi formulir dan menyertakan beberapa syarat berupa hard copy ke departemen perikanan di wilayah masing-masing bakal bisa dilakukan secara online, sehingga lebih mudah.

KKP telah menyiapkan dana hingga ratusan miliar untuk meningkatkan produksi dan kualitas produk pakan ikan mandiri. Pakan ikan mandiri ini yang notabene memproduksi pakan untuk ikan budidaya air tawar.

"Anggaran kita untuk peningkatan pakan ternak mandiri ini mencapai Rp 120 miliar, ini mulai dari pemberian bantuan mesin pengolahannya, alat angkutnya, termasuk penggratisan registrasi itu, tapi ini bukan subsidi, tapi stimulan," papar dia.

Slamet menuturkan, saat ini kebutuhan pakan ikan menjadi beban biaya terbesar mencapai 70-80 persen dalam pembudidayaan ikan.

Untuk itulah dengan menciptakan‎ keefektifan dalam berproduksi dan peran pemerintah diharapkan dapat menekan biaya pembudidayaan ikan tersebut sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Yas/Ahm)

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini