Sukses

KKP Fasilitasi PNS yang Ingin Sekolah ke Luar Negeri

KKP membantu memfasilitasi PNS di lingkungan KKP untuk menempuh pendidikan S2 dan S3 serta pendidikan non gelar di lembaga luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka percepatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan (BPSDMP KP) menyelenggarakan kegiatan Marine and Fisheries Education Expo 2015, 17-18 November 2015, di Ballroom KKP, Jakarta Pusat.

Expo tersebut bertujuan untuk membantu memfasilitasi PNS di lingkungan KKP untuk menempuh pendidikan S2 dan S3 serta pendidikan non gelar di lembaga pendidikan luar negeri. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memfasilitasi komunikasi PNS calon penerima beasiswa dengan institusi pendidikan di luar negeri dan lembaga pelatihan bahasa untuk kesiapan berbahasa asing calon penerima beasiswa.

Eksibitor expo terdiri dari 25 universitas di Amerika Serikat, Australia, Belgia, Inggris, Kanada, Norwegia, Perancis, dan Selandia Baru. Selain itu juga turut serta 7 lembaga di Indonesia yang menjadi representatif universitas, serta 3 lembaga pendidikan bahasa asing.

Para pengunjung expo dapat berkomunikasi langsung dengan para peserta eksibitor di berbagai stand serta memilih bidang studi dan lembaga pendidikan yang diinginkan sesuai dengan minat serta latar belakang pendidikan dan bidang pekerjaan masing-masing.


Rangkaian kegiatan expo antara lain meliputi pameran pendidikan S2 dan S3 di luar negeri, seminar pendidikan, coffee morning, try out IELTS prediction pada pelaksanaan expo bagi 160 orang, try out IELTS prediction pada 5 Desember bagi 100 orang, try out TOEFL prediction Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan bagi 100 orang, peningkatan nilai IELTS sebanyak 50 jam per 5 minggu dengan sistem karantina pada Desember 2015, serta pendampingan keberangkatan pendidikan S2 pada Maret 2016.

Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja mengatakan, maksud dan tujuan dari expo pada umumnya dan aacara coffee morning pada khususnya adalah sebagai penyampaian kebijakan prioritas KKP untuk memberikan penugasan beasiswa S2 atau S3 luar negeri bagi PNS KKP berprestasi.

"Kami juga berikan apresiasi kepada 25 universitas, 7 lembaga representatif universitas, serta 3 lembaga pendidikan bahasa asing yang menjadi exhibitor expo," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/11/2015).

Selain itu, gelaran tersebut juga memberikan pembekalan kepada sebagian dari 462 orang PNS KKP peserta expo sebagai calon penerima beasiswa S2 dan S3 di luar negeri, serta sosialisasi komitmen KKP meningkatkan SDM di kementerian.

Pada akhir kegiatan dapat diperoleh data base kesiapan PNS lingkup KKP untuk mengikuti seleksi beasiswa S2 dan S3 di luar negeri, yang terdiri dari kesiapan akademis dan kesiapan kemampuan berbahasa asing, antara lain melalui tes TOEFL dan IELTS.

Melalui pendidikan S2, S3, dan non gelar di luar negeri, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM aparatur PNS lingkup KKP dalam rangka meningkatkan kinerja dan profesionalisme yang lebih baik lagi untuk kemajuan KKP dalam menjalankan program dan kegiatannya bagi kesejahteraan masyarakat di sektor kelautan dan perikanan. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.