Sukses

Pertamina Perkuat Pasokan Elpiji di Sumatera Barat

Depot elpiji Teluk Kabung, Sumatera Barat akan memasok kebutuhan elpiji ke wilayah Sumatera Barat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memperkuat pasokan elpiji di Sumatera Barat. Langkah itu dengan diresmikannya depot elpiji Teluk Kabung, Bungus, Padang, Sumatera Barat.

Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengatakan, depot elpiji Teluk Kabung  akan meningkatkan kehandalan pasokan elpiji untuk Sumatera Barat. Depot elpiji tersebut telah uji operasi sejak 23 Agustus 2015.

"Depot elpiji  tersebut akan memasok kebutuhan wilayah Sumatera Barat," kata Bambang, dalam keterangan terulisnya, di Jakarta, Senin (2/11/2015).

Bambang mengungkapkan, dengan adanya depot elpiji ini, maka suplai elpiji ke Sumatera Barat menjadi lebih dekat. Sebelumnya elpiji di Sumatera Barat disuplai dari Dumai, dengan begitu, waktu tempuh menjadi lebih singkat dari pengiriman dua hari sekali menjadi sehari sekali. "Sehingga lebih menjamin pasokan elpji di Sumatera Barat," tutur Bambang.

Bambang menambahkan, peresmian depot tersebut menunjang program pemerintah dalam konversi minyak Tanah ke elpiji bersubsidi 3 Kilo gram (Kg).

Untuk diketahui saat ini konversi elpiji 3 kg sudah hampir 100 persen di wilayah tersebut. Distribusi harian elpiji 3 Kg di Sumatera Barat saat ini sekitar 60 ribu tabung melalui 83 agen dan 2.074 pangkalan.

Sementara distribusi elpiji non-subsidi di Sumatera Barat disalurkan kepada 20 agen. Depot elpiji Teluk Kabung menerima suplai dari STS Teluk Semangka dan mensuplai ke 5 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) elpiji 3 kg dan 2 SPPBE epiji non-subsidi (2 kg dan 50 kg). Adapun operasi depot ini akan dikelola oleh PT Patra Niaga yang menjadi mitra PT Pertamina (Persero). (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Elpiji