Sukses

Diwarnai Sentimen Negatif, Harga Minyak Turun Hampir 4%

Mengawali pekan ini, harga minyak Brent turun 3,7 persen menjadi US$ 48,61 per barel didorong sejumlah sentimen negatif.

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia jatuh sekitar empat persen pada perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) setelah harga bensin melemah ditambah perlambatan ekonomi China.

Selain itu, Iran akan kembali masuk ke pasar setelah ada kesepakatan soal nuklir memberikan kekhawatiran banjir pasokan minyak sehingga menekan harga minyak.Pelaku pasar juga menilai, penguatan dolar Amerika Serikat (AS) dan bursa saham AS menguat juga menambah sentimen untuk harga minyak.

Harga minyak acuan Brent turun US$ 1,85 atau 3,7 persen ke level US$ 48,61 per barel. Harga minyak mentah acuan Amerika Serikat (AS) melemah US$ 1,37 atau tiga persen menjadi US$ 45,89.

Sedangkan harga bensin melemah lima persen seiring kekhawatiran pemanfaatan kilang  minyak AS dapat menaikkan penurunan pekerjaan perawatan kilang. Selain itu, salah satu kilang minyak di AS juga ditutup setelah alami kerusakan trafo.

"Produk bahan bakar minyak kelihatannya tertekan seiring pelaku pasar fokus terhadap perawatan kilang telah mencapai puncaknya, dan persediaan membangun dari sini, " ujar Pete Donovan, seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (20/10/2015).

Cadangan minyak AS diperkirakan naik 3,7 juta barel pada pekan lalu. Kenaikan ini menjadi kenaikan mingguan keempat berturut-turut. Hal itu berdasarkan survei analis yang dilakukan Reuters.Sentimen tambahan lainnya yang mempengaruhi harga minyak terutama juga berasal dari China.

Ekonomi China hanya tumbuh 6,9 persen pada kuartal III 2015, dan terendah dalam enam tahun. Permintaan minyak dari China pun merosot pada September.

Selain itu, kesepakatan nuklir Iran juga mendorong Iran akan segera masuk ke pasar. Diharapkan produksi minyak Iran mencapai 500 ribu barel per hari, bila sanksi terhadap Iran dicabut. (Ahm/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.