Sukses

Ini Untungnya Pakai Listrik Prabayar

PLN membeberkan kelebihan memakai listrik prabayar. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordintor Bidang Maritim Rizal Ramli  menilai  PT PLN (Persero) telah memaksa pelanggan menggunakan meteran pra bayar, dan ia meminta PLN  memberikan pilihan ke masyarakat untuk menggunakan meteran listrik prabayar atau pasca bayar.

Apa keuntungan memakai meteran listrik pintar prabayar yang menggunakan pulsa listrik tersebut?

Direktur Bisnis dan Manajemen Resiko ( BMR) PLN, Murtaqi Syamsuddin mengungkapkan, keuntungan menggunakan meteran token listrik bagi pelanggan adalah lebih memudahkan dalam pembayaran listrik dan mengetahui pemakaian secara rinci.

"Bagus untuk pelanggan bisa mengetahui pemakaian," kata Murtaqi, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Sedangkan keuntungan penggunaan meteran token bagi PLN adalah lebih akurat dan efisien dalam pencatatan penggunaan listrik pelanggannya. PLN tidak perlu lagi menugaskan pegawainya untuk mencatat penggunaan meteran pelanggan.

"Bagus untuk PLN efisiensi bisnis tak usah pakai pencatat, mengurangi kesalahan pencatatan meter, kalau manual tiap bulan melakukan pencatatan meter," tuturnya.

Terkait dengan pengenaan biaya administrasi, menurut Murtaqi pembayaran listrik pasca bayar juga dikenakan biaya admistrasi dan pajak, sehingga yang membedakan hanya cara membayar listriknya saja.

 "Sama saja kalau bayar di loket kena biaya administrasi juga. Pajak Penerangan Jalan (PPJ) kebijakan masing-masing Pemda," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini