Sukses

Pasokan Listrik Wilayah Jakarta Kembali Normal

Bila meninggalkan ruangan dalam waktu lama matikan komputer atau atur dalam posisi standby (standby mode).

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) menyatakan pada dini hari 3 September 2015 pukul 00.44 WIB pasokan listrik ke wilayah yang padam akibat kebakaran Interbus Transformer (IBT) Kembangan telah normal kembali. 

Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, Koesdianto mengatakan, Sebagai upaya percepatan pemulihan, PLN melakukan pengalihan beban listrik ke Sub Sistem Balaraja-Lontar dan Muara Karang-Gandul.

"Kebakaran di Interbus Transformer (IBT) Kembangan pada Selasa 2 September 2015 menyebabkan beberapa wilayah di Jakarta dan Tangerang mengalami pemadaman listrik," kata Koesdianto, di Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Menurutnya, karena Karakteristik Jakarta dan Tangerang memang berbeda dengan daerah lain dimana beban listrik siang lebih tinggi daripada malam karena banyaknya aktifitas industri dan bisnis, maka PLN masih melakukan pemadaman bergilir di wilayah Tangerang.

Untuk meminimalisir semakin tingginya beban listrik, PLN mengharapkan kerjasama dari pelanggan yang tidak terkena dampak padam untuk dapat menghemat penggunaan listrik. Hal ini bertujuan agar pasokan dapat disalurkan kepada wilayah yang masih padam.

Cara–cara yang dapat ditempuh antara lain sebagai berikut:

Bagi Pelanggan dengan daya besar, dihimbau untuk menggunakan captive power atau generator set agar listrik PLN dapat dialihkan untuk menyuplai daerah padam.

Mematikan komputer, TV dan AC jika tidak digunakan. Mematikan lampu yang tidak digunakan. Temperature AC cukup 26 derajat celcius dan gunakan timer sehingga AC beroperasi pada saat dibutuhkan.

Bila meninggalkan ruangan dalam waktu lama matikan komputer atau atur dalam posisi standby (standby mode).

Untuk diketahui, PLN Disjaya menyatakan terjadi pemadaman listrik pada sebagian wilayah Jakarta dan Tangerang. Pemadaman listrik terjadi karena adanya kebakaran di Interbus Transformer Kembangan pada Rabu, 2 September 2015 pukul 11.13 WIB. Insiden ini membuat Jakarta dan Tangerang kehilangan pasokan listrik 580 megawatt (MW).

"PLN mohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan dengan padamnya beberapa wilayah di Jakarta dan Tangerang pada Rabu, 2 September 2015," kata Koesdianto.

Adapun wilayah padam yaitu: Kedoya, Kp. Gondrong, Ciledug, Kembangan, Kebon Jeruk, Meruya, Cipondoh, Poris Indah, Daan Mogot, Cipulir, Kebayoran Lama, dan Joglo.

Kemudian Permata Hijau, Gandaria City, Alam Sutera, Curug. Gading Serpong, Legok, Karawaci, Jl. Raya Serang, Cikupa, Jl. Gajah Tunggal, Jl. Industri Jatake, Jatiuwung, Pasar Kemis, Cikupa, Tiga Raksa, dan sekitarnya. (Pew/Gdn)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.