Sukses

Menteri Susi: 70% Terumbu Karang Indonesia Rusak

Indonesia juga dikenal sebagai pusat segitiga terumbu karang dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Selain sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai pusat segitiga terumbu karang dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa.

"Julukan megabiodiversity country menggambarkan kekayaan hayati laut Indonesia bagaikan amazon of the sea," ujar  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Namun sayangnya, di samping indahnya pesona bawah laut di beberapa daerah Indonesia ini, pada bagian wilayah lainnya kondisi terumbu karangnya justru menghadapi tekanan yang berat.

"Kurangnya kesadaran untuk melestarikan lingkungan menambah berat tekanan pada terumbu karang," kata dia.

Saat ini, lanjut Susi, hanya 30 persen terumbu karang di wilayah Indonesia yang berada dalam kondisi baik. Sedangkan sisanya, yaitu sebanyak 70 persen dalam kondisi rusak dan rusak berat.

"(Ini akibat) Kegiatan perikanan yang merusak, seperti penggunaan bom, potassium dan pencemaran sampah serta aktivitas lain," tandasnya.

XXX

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini