Sukses

Cetak Sejarah, Meksiko Buka Industri Minyak bagi Investor Asing

Pemerintah meksiko menjual sekitar 14 blok eksplorasi di teluk Meksiko, tetapi hanya terjual dua blok.

Liputan6.com, Jakarta - Meksiko kembali membuka industri minyak untuk investor asing pertama kalinya dalam waktu hampir 80 tahun. Meksiko menjual sekitar 14 blok eksplorasi di Teluk Meksiko.

Namun hanya dua blok saja yang terjual. Hal ini tidak sesuai dengan harapan pemerintah. Calon investor diharapkan menandatangani kontrak baru dengan Meksiko agar dapat mengekplorasi, memproduksi, dan memurnikan minyak.

Meksiko sempat menjadi produsen minyak terbesar kelima di dunia sebelum akhirnya turun ke peringkat sepuluh. Koresponden BBC di Meksiko Juan Paullier mengatakan saat "bersejarah" bagi negara, dengan kontrak minyak swasta yang diberikan untuk pertama kalinya sejak industri dinasionalisasi pada 1938.

"Runtuh infrastruktur, birokrasi dan korupsi telah mempengaruhi perusahaan minyak milik negara Meksiko Pemex, dan menurunnya produksi," ujar Paullier, seperti dikutip dari laman BBC, Kamis (16/7/2015).

Lelang ini merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk mendorong investasi swasta dan meningkatkan produksi minyak. Hanya sembilan perusahaan mengambil bagian dalam lelang, kurang dari 25 perusahaan yang direncanakan. (Ilh/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini