Sukses

Menteri Susi Cabut Izin Usaha Dwikarya

PT Dwikarya Reksa Abadi mempunyai ratusan kapal tetapi hanya memiliki izin 68 kapal.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencabut izin usaha perikanan milik PT Dwikarya Reksa Abadi yang mengoperasikan kapal berbendera Panama dan bermitra dengan PT Antartica Segara Lines.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, pencabutan ini sebagai buntut dari tindak illegal, unreported and unregulated (IUU) fishing perusahaan tersebut di wilayah perairan Indonesia.

"PT Dwikarya pada hari ini Direktur Jenderal Perikanan Tangkap mencabut SIUP (Surat Izin Usaha Perikanan) setelah mencabut SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan) dan SIKPI (Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan)," ujar Susi di Kantor KKP, Jakarta, Senin (22/6/2015).

Dia menjelaskan, selama ini Dwikarya Reksa Abadi mempunyai ratusan kapal yang terdaftar di China. Namun yang memiliki izin hanya hanya sebagian kecil kapalnya yang memiliki izin. Sedangkan sisanya merupakan kapal tanpa izin menangkap.

"Mereka punya kapal China. Ada ratusan, tetapi yang punya izin hanya 68 kapal," lanjutnya.

Susi menuturkan, dari ratusan kapal yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal di Indonesia, Dwikarya hanya melaporkan sebagian kecil hasil tangkapannya kepada pemerintah Indonesia.

"Dan dari LKU-nya (Laporan Kegiatan Usaha), mereka hanya mendapat Rp 279 miliar. Sejak kami gencar melakukan pemberantasan IUU, ada 200 kapalnya yang lari ke Papua Nugini," kata Susi. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.