Sukses

Diskon Tarif Tol Saat Lebaran di Kisaran 25%

Ide pemberian diskon tarif tol datang langsung dari Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan memberikan potongan harga atau diskon untuk tarif tol jelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri. Berdasarkan keterangan dari PT Jasa Marga, diskon yang diberikan pada kisaran 25 persen.

Asisten Vice President Communication Jasa Marga, Wasta Gunadi mengatakan, diskon tersebut rencananya akan diberlakukan pada H-10 hingga H+5 Lebaran. "Ada diskon pada H-10 sampai H+5 Idul Fitri. Besarannya dari 25 persen sampai 35 persen," ujarnya di Jakarta, Senin (15/6/2015).

Wasta menjelaskan, diskon ini bukan hanya berlaku bagi ruas tol yang dikelola oleh Jasa Marga saja tetapi akan berlaku bagi seluruh tol yang ada di Indonesia. "Itu akan berlaku untuk seluruh ruas tol, karena kan ini kebijakan pemerintah," lanjutnya.

Menurut Wasta, program seperti ini belum pernah diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun pihaknya mengaku tetap mendukung apa yang menjadi program pemerintah.

"Tahun sebelumnya tidak ada, baru tahun ini. Kami dukung kebijakan pemerintah, istilahnya menjelang Lebaran ada sesuatu yang diberikan ke masyarakat. Itu kan niat baik pemerintah untuk pengguna jalan tol yang mau mudik," jelasnya.

Wasta juga belum bisa memastikan apakah adanya kebijakan diskon ini akan memberikan dampak bagi pemasukan usaha Jasa Marga. Pasalnya hal tersebut harus dilihat secara langsung saat berlaku.

"Angka diskon itu kalau sudah kebijakan pemerintah akan kami jalankan. Kami belum lihat apakah mengurangi pemasukan. Tapi bisa jadi karena diskon kendaraan yang masuk tol lebih banyak," kata dia.

Wasta juga menegaskan, bahwa pihaknya masih menghitung besaran tarif yang harus dibayar penggunaan jalan tol saat diskon berlaku nantinya. Hal ini untuk menghindari kerepotan yang harus dihadapi petugas tol di loket.

"Besarannya belum diputuskan, ini sedang dihitung nanti baru diserahkan ke pemerintah karena yang memutuskan kan pemerintah. Ini masih dihitung agar tidak merepotkan ketika transaksi di loket. Misalnya kalau diskon tarif tolnya jadi Rp 5.250, itu kan repot," tandasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hediyanto W Husaini mengatakan bahwa menejlang dan paska Lebaran, pengguna kendaraan roda empat atau lebih akan membayar tarif tol lebih murah dibanding hari biasa. Diskon tarif ini akan berlaku di seluruh tol di Indonesia.

Hediyanto mengungkapkan, ide pemberian diskon tarif tol ini datang langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Pak Jokowi mau memberikan diskon tarif tol di seluruh Indonesia. Ini adalah hadiah buat masyarakat dari presiden karena beliau yang mencetus idenya," ujarnya.

Ia mengatakan, pengurangan tarif tol tersebut akan diumumkan langsung oleh Jokowi saat meresmikan tol terpanjang di Indonesia Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Sabtu ini. Termasuk besaran diskon tarif tolnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.