Sukses

Rencana Masuk OPEC, Menteri ESDM: Agar RI Bergaul dengan Pasar

Keinginan untuk kembali menjadi bagian dari organisasi ini pun disambut baik Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku telah melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal keinginan Indonesia kembali masuk ke dalam lingkup organisasi pengekspor minyak dunia (Organization of Petroleum Exporting Countries/OPEC).

Dia mengungkapkan, keinginan untuk kembali menjadi bagian dari organisasi ini pun disambut baik Presiden Jokowi.

"Sudah (merestui). Sewaktu perjalanan kembali dari Papua, beliau sangat sependapat karena kita harus bergaul dengan market," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (15/5/2015).

Sudirman berpendapat, sebagai salah satu pembeli minyak terbesar di dunia, Indonesia harus memiliki kedekatan dengan negara penghasil minyak. Kedekatan tersebut bisa dibangun salah satunya dengan masuk dalam bagian organisasi pengekspor minyak tersebut.

"Jadi wajar kalau kita harus dekat dengan eksportir. Dan kedua, barusan saya sampaikan lagi pada 3-4 Juni 2015 akan hadir di Sidang OPEC," kata dia.

Seperti diketahui, Kementerian ESDM menggulirkan wacana agar Indonesia kembali masuk ke dalam OPEC. Namun rencananya Indonesia hanya akan mengajukan diri sebagai peninjau atau observer, bukan menjadi anggota penuh. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.