Sukses

BI: Mengenai Rupiah, Kami Selalu Ada di Pasar

Penurunan rupiah terjadi karena pasar merespons pengumuman pertumbuhan ekonomi China yang terkoreksi menjadi 7 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika ‎Serikat (AS) terus tertekan hingga menyentuh level Rp 13.050. Sentimen global memicu pelemahan kurs rupiah, terutama imbas dari koreksi pertumbuhan ekonomi China.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara mengungkapkan, pasar merespons pengumuman pertumbuhan ekonomi China terkoreksi ke bawah dari 7,5 persen menjadi 7 persen.

"Biasanya kalau pemerintah China ekspektasi 7 persen, pasar menaruhnya di bawah 7 persen. Karena pemerintah China sebelumnya selalu bicara diangka 7,5 persen dan sekarang diturunkan 7 persen, pasti negara-negara yang ketergantungan ekspor China akan terkena sentimen negatifnya," jelas dia usai acara Fitch Ratings di Hotel Mandarin, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Pelemahan mata uang, tambah Mirza, tidak hanya terjadi pada rupiah, tapi juga mata uang negara lain seperti Malaysia, Korea dan sebagainya. Saat ini, lanjutnya, ada tren penguatan dolar AS terhadap hampir semua mata uang.

"Kemarin ada Ukraina yang menaikkan suku bunga dari 19,5 persen ke 30 persen, termasuk India yang memangkas suku bunga acuan. Tapi masalahnya di sana bukan moneter, melainkan politik internasional. Ini juga menekan sentimen kepada negara berkembang," ujarnya.

Ketika dikonfirmasi soal intervensi BI atau BI akan membiarkan rupiah bergerak sesuai fundamentalnya, Mirza menegaskan BI akan selalu ada di pasar. Dia pun meminta masyarakat tidak khawatir dengan depresiasi rupiah.

"BI selalu ada di pasar. Dan untuk mengurangi volatilitas supaya menjaga suplai valas selalu tersedia di pasar. Jadi jangan khawatir, karena pelemahannya sejalan dengan pelemahan regional" papar dia.

Berdasarkan data Valuta Asing Bloomberg, Senin (5/3/2015), menunjukkan, pada pembukaan pukul 08.00 WIB, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 12.999 per dolar AS. Namun rupiah terus tertekan hingga menyentuh level 13.050 per dolar pada pukul 08.15 WIB.

Sampai pukul 09.45 WIB, nilai tukar rupiah masih berkutat di level 13.028. Dalam perdagangan sampai siang ini, rupiah berada di kisaran 12.999 per dolar AS hingga 13.052 per dolar AS. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini